PacitanPeristiwa

Gempa Malang Guncang Pacitan

PACITAN – Berjarak lebih dari 100 kilometer dari Kabupaten Pacitan. Gempa 4,9 SR yang berpusat di 80 kilometer barat daya Kabupaten Malang, Kamis (16/5) pukul 21.40, mengguncang Kota 1001 Gua. Bahkan, beberapa warga sempat berhamburan ke luar rumah saat terjadi getaran sekitar tiga detik itu. ‘’Lumayan terasa, jadi kaget dan langsung lari ke luar,’’ kata Winda, salah seorang warga Pacitan, Jumat (17/5).

Saat itu Winda sedang beranjak tidur. Belum sempat terlelap, dia merasa getaran di ruangan rumahnya. Dia mengira getaran dari truk yang melintas di jalan raya tak jauh dari rumahnya. ‘’Plafon sampai bunyi, walaupun gak kuat tapi takutnya ada gempa susulan, akhirnya kami lari ke luar rumah,’’ ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan mencatat gempa tersebut berada di kedalaman 10 km dari permukaan laut. Pusat gempa di 8,87 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur Kabupaten Malang. Lokasi gempa yang dekat dengan Pulau Jawa membuat getaran dirasakan hampir seluruh wilayah di Pacitan, terutama wilayah timur seperti Sudimoro hingga kota. ‘’Tapi tak ada kerusakan yang dilaporkan akibat gempa tersebut,’’ ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Pujono kemarin (17/5).

Pujono mengungkapkan gempa tersebut berasal dari pergeseran lempeng Indo-Austria di selatan Pulau Jawa. Hal tersebut, menurut dia, acap terjadi meski skalanya lebih kecil berkisar 2 hingga 3 SR. Plus pusat gempa lebih dari 100 kilometer. Sehingga, getaran kerap tak terasa. Dirinya berharap warga tak perlu panik. Namun tetap waspada lantaran  wilayah Indonesia berada di ring of fire gempa. ‘’Gempa kecil yang sering terjadi itu justu mengurangi potensi gempa besar, jadi lebih aman,’’ sebutnya.

Sementara itu, setelah sempat berhamburan ke luar rumah, usai gempa warga kembali ke rumah masing-masing. Pagi kemarin tak ada kehebohan berlebih akibat gempa tersebut. Meski di beberapa media sosial beragam postingan warga mereaksi gempa itu. (gen/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close