Gempa 2,1 SR Guncang Ngawi

43

NGAWI – Gempa bumi terjadi di wilayah Ngawi kemarin (3/4) sekitar pukul 06.42. Namun, nyaris tidak ada dampak yang ditimbulkan lantaran gempa hanya berkekuatan kecil, yakni 2,1 skala richter (SR).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Musripan mengatakan, pusat gempa terdeteksi di titik koordinat 7.46 LS, 111.45 BT. Tepatnya sekitar empat kilometer dari pusat kota Ngawi. ‘’Berada di kedalaman sekitar sembilan kilometer dari permukaan,’’ ungkap Musripan saat dihubungi Radar Ngawi.

Musripan menjelaskan, gempa terjadi akibat adanya pergeseran lempeng dari patahan lokal di wilayah tersebut. Dia menyebut, Ngawi termasuk salah satu wilayah yang dilewati sesar Kendeng. Berdasarkan penelitian, sesar tersebut sampai saat ini masih aktif dan terus bergerak. ‘’Memang belum berbahaya, tapi patut diwaspadai karena sudah ada bibitnya (gempa, Red),’’ tuturnya.

Dia menambahkan, ada dua jenis gempa yang sering terjadi di wilayah Indonesia. Yakni, vulkanik karena aktivitas gunung berapi dan tektonik yang disebabkan pergeseran lempeng bumi. ‘’Kalau yang di Ngawi itu masuk kategori tektonik, tapi skalanya kecil,’’ ujarnya.

Menurut dia, jika terjadi gempa tektonik berkekuatan minimal 4 SR bisa menimbulkan kerusakan. Dia mencontohkan gempa di Sumenep pada Selasa lalu (2/4) yang berkekuatan 4,9 SR. ‘’Tapi tidak ada kaitannya dengan gempa di Ngawi karena berada pada sesar yang berbeda,’’ jelasnya.

Musripan menambahkan, hal yang perlu dilakukan ketika terjadi gempa yang paling utama adalah tidak panik. Warga diminta tetap tenang sembari memikirkan cara untuk menyelamatkan diri. Jika sedang di dalam ruangan, disarankan segera keluar dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang ada.

Sebelumnya, wilayah Ngawi juga sempat terjadi gempa bumi berkekuatan 4,9 SR. Tepatnya pada 4 November 2016 lalu. Titik gempa tidak jauh dengan yang terjadi kemarin. Yakni, pada koordinat 7.55 LS, 111.30 BT dengan kedalaman sekitar 19 kilometer dari permukaan. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here