Gembel Traveling, Konten Kreatif Arief Novian ‘’Nopek’’ Komika

46
HUMORIS: Nopek saat menjadi bintang tamu sebagai komika di salah satu acara.

MAGETAN – Youtuber menjadi pilihan banyak kawula muda. Semakin kreatif, konten yang disajikan mendulang banyak viewer dan subscriber. Arief Novian, berhasil membuktikannya. Dari unggahan video ke youtube, komika asal Kenongorejo, Pilangkenceng, Madiun itu bergelimang pendapatan. ‘’Awalnya iseng-iseng saja,’’ terang Nopek-sapaan Arief Novian.

Seperti youtuber lainnya, Nopek juga memiliki ciri khas. Video yang di-upload bertema gambling (gembel traveling). Hanya mengenakan kaos singlet, celana pendek, sandal jepit, dan sarung. Mengunjungi tempat-tempat dengan pakaian ala kadarnya. Seperti ngopi di starbuck, belanja di tunjungan plaza, sampai makan burger di Carl’s Jr. Jelas aksinya mengundang perhatian pengunjung lainnya. ‘’Bahkan, saya pernah diusir karena berpakaian gembel. Dikira tidak mampu beli,’’ terang pria kelahiran 27 November 1995, itu.

Meski mengundang perhatian, Nopek tetap pede. Kameramen yang setia merekamnya pun tak pernah berhasil menahan tawa saat berproduksi. Karena, timnya adalah kawan-kawan sepermainannya, tak ada canggung. ‘’Buatnya gotong-royong dengan teman-teman,’’ jelas putera bungsu pasangan Supirno dan Tinah, itu.

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura itu pun masih aktif menjadi bintang tamu sebagai komika. Bayarannya sekali tampil, bisa untuk biaya hidup sebulan. Kisaran tujuh jutaan. Meski tak pasti sebulan berapa kali, panggilan untuk stand up comedy tak pernah sepi. ‘’Kalau ada tawaran dan harganya cocok, berangkat,’’ terangnya.

Bahkan, Nopek pernah dibayar hingga Rp 22 juta. Termasuk mengakomodasi biaya perjalanan dan penginapan. Itu merupakan bayaran paling fantastis yang pernah diterimanya. Tawaran datang dari berbagai penjuru Indonesia. Mulai Sumatera hingga Kalimantan. Hampir semua kota di Jawa pernah disinggahinya. ‘’Tidak pilih-pilih event. Mulai acara perusahaan, kampus, dan sekolah. Kalau budget cocok, ya jalani,’’ jelas jebolan pencarian bakat Suca 4, itu.

Kedua orang tua Nopek mendukung penuh. Toh, dia sudah bisa menghasilkan uang sendiri dari kerja kerasnya. Apalagi, setelah berhasil tampil di televisi. Bahkan, orang tuanya tak tahu Nopek mengikuti audisi stand up comedy. Namun, mereka tetap menginginkan agar puteranya itu segera menuntaskan pendidikannya. Maklum, sekarang ini dia sudah memasuki semester 13. ‘’Orang tua sangat mendukung. Tapi, tidak boleh melupakan pendidikan,’’ pungkasnya. (bel/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here