Gelombang Tinggi yang Bikin Ngeri

161
DILARANG MANDI: Gelombang setinggi tiga hingga empat meter terjadi di Pantai Klayar, Donorojo, Pacitan, kemarin (11/6). Para wisatawan pun dilarang bermain air di pantai.

PACITAN – Wisatawan dengan destinasi pantai di Pacitan diimbau waspada. Sebab, sejak beberapa hari terakhir gelombang tinggi terjadi di Samudera Indonesia. Senin (11/6) misalnya, ombak setinggi tiga hingga empat meter mengempas pesisir selatan. Imbasnya, para pelancong dilarang bermain air dan mendekati pantai. ‘’Hari ini (kemarin) ombaknya lebih tinggi dari sebelumnya. Kami melarang para pengunjung mandi di pantai,’’ ujar Winarto, lifeguard Pantai Klayar.

Apalagi, lanjut Winarto, di Pantai Klayar memang acap terjadi gelombang tinggi. Lokasi pantai yang tanpa penghalang pulau atau karang, membuat ombak mudah mencapai bibir pantai. Dibanding sebelumnya, gelombang kemarin lebih ganas dan berbahaya.

Itu terlihat dari tingginya pecahan ombak saat menabrak seruling samudera yang merupakan ikon pantai tersebut. ‘’Kalau ombak sudah sampai seruling samudera, kami langsung larang pengunjung mendekat air karena sudah pasti ombaknya besar,’’ terangnya sembari menyebut juga menutup kawasan seruling samudera.

Meski telah diperingatkan berkali-kali lewat pengeras suara, kesadaran pengunjung menjaga keselamatan diri dinilai masih rendah. Buktinya, tak sedikit wisatawan yang nekat bermain air di pantai. Padahal, itu membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengunjung lain. Pasalnya, jika ada yang nekat mendekat ke tengah, tak jarang beberapa wisatawan lain tergoda ikut-ikutan. ‘’Selain peringatan lewat pengeras suara, petugas juga kami sebar untuk menegur langsung. Tapi ada saja pengunjung yang nekat,’’ sesal Winarto.

Tingginya gelombang ternyata juga membuat beberapa wisatawan tak nyaman. Monika salah satunya, pelancong dari Solo, Jawa Tengah, itu tak bisa bermain air di pantai. Alhasil, bersama rombongannya, hanya bermain pasir pantai sembari mengabadikan momen liburan mereka. ‘’Pengennya tetap berenang, tapi ombaknya besar. Takut juga,’’ ungkapnya.

Meski begitu, Monika tetap terpesona keindahan Pantai Klayar. Terlebih putihnya pasir yang terlihat dari atas tebing. Plus embusan angin membuat suasana di pantai terasa sejuk. ‘’Lumayan untuk santai di pantai sambil minum es kelapa muda,’’ candanya.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan mencatat sejak pagi ketinggian gelombang berkisar 2,5 hingga 4 meter terjadi hampir di sepanjang pantai wilayah Pacitan. Pemicunya, angin kencang serta perubahan suhu di Samudera Indonesia. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here