Gelombang Tinggi, Nelayan Ciut Nyali Melaut

73

PACITAN – Dua bibit siklon yang muncul di atas Samudra Indonesia beberapa hari terakhir membuat nyali para nelayan di Pacitan menciut. Pasalnya, pusaran angin tersebut menyebabkan gelombang di laut selatan membahayakan. Tak tanggung-tanggung, tinggi gelombang lebih dari empat meter. ‘’Dibandingkan pucuk tiang kapal itu, lebih tinggi tinggi lagi,’’ kata Rahmad, salah seorang nelayan, kemarin (12/3).

Warga lingkungan Teleng, Sidoharjo, Pacitan, itu dua hari lalu sempat melaut. Namun, baru berlayar beberapa jam, gelombang tinggi menghadang. Hingga, dia dan tiga rekannya terombang-ambing di tengah samudra. Tak ingin berdampak konyol di tengah laut, mereka pilih balik kucing ke Dermaga Tamperan. ‘’Kalaupun bisa lanjut, mau mancing juga susah, karena gelombangnya terus-terusan,’’ ujarnya.

Tak hanya waswas gelombang tinggi, angin kencang juga menghadang. Jika dibandingkan, embusan angin lebih berbahaya ketimbang gelombang. Pasalnya, tak jarang angin yang datang dari beberapa arah membuat perahu sulit diseimbangkan. ‘’Apalagi kalau sampai terbalik, semakin berbahaya,’’ sebut Rahmad.

Sejatinya, lanjut Rahmad, cuaca buruk terjadi sejak pekan lalu. Angin kencang dan gelombang tinggi hampir membuat para nelayan tak berani keluar dari dermaga. Biasanya mereka hanya memancing di pantai. Pun durasinya tak lebih dari empat jam sekali melaut. ‘’Beda lagi kalau nelayan layur atau kapal besar, bisa berminggu-minggu,’’ paparnya.

Kini dia dan nelayan lain memilih bersantai di pelabuhan sembari menunggu cuaca membaik. Sebagian nelayan lain memanfaatkan waktu dengan memperbaiki kapal dan jaring. Pasalnya, cuaca buruk juga membuat perlengkapan para nelayan rusak. ‘’Kalau gelombang tinggi, jaring sulit diangkat, jadi kadang bolong tergores derasnya ikan yang terkena arus,’’ terangnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan memprediksi cuaca buruk bakal terjadi hingga Kamis besok (14/3). Pun gelombang berkisar 2,5 hingga 4 meter bakal terus terjadi di perairan Samudra Indonesia. Ditambah potensi hujan lebat dan petir di perarian samudra. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here