Geger Kobaran Api di Dekat Balai Kota

146

MADIUN – Kantor Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dan UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Madiun menggemparkan warga setempat Senin malam (8/10). Itu setelah si jago merah melahap area pembakaran sampah di halaman belakang kantor Jalan Pahlawan tersebut. Lokasi kantor ini selompatan katak dengan Balai Kota. ’’Saya mau salat Isya, warga ramai ada api besar dari sini. Kami kira orang bakar-bakar sampah,’’ kata Muhammad Thohir, warga Jalan Gayengan, Kartoharjo, ini.

Setelah salat Isya dia melihat kobaran api semakin membesar. Akhirnya, warga melaporkan kebakaran tersebut ke petugas kantor setempat. Kepanikan juga muncul lantaran bangunan itu bersebelahan dengan Balai Kota.  ’’Saya lihat apinya kok semakin besar,’’ ujarnya.

Apriliani, salah seorang pegawai, menuturkan bahwa saat kejadian berlangsung ada sejumlah pegawai kantor yang lembur. Begitu mengetahui adanya kebakaran, sejumlah pegawai berlari menuju halaman belakang kantor. Betapa terkejutnya mereka, api sudah membubung tinggi ke udara. ’’Kami kan di dalam ruangan tertutup, tidak tahu ada kebakaran dan kami sempat mencoba memadamkan api,’’ tuturnya kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Anang Dwi Sulistianto mengatakan bahwa api berasal dari hasil pembakaran sampah. Banyaknya sampah kayu, plastik, dan paralon membutuhkan upaya ekstra petugas damkar untuk menjinakkan api. ’’Api merangsek ke paralon dan kayu-kayu itu. Jadi, setelah bakar-bakar sampah nggak ditunggu langsung ditinggal, seringnya seperti itu,’’ ungkapnya.

Anang menambahkan, ada empat truk damkar diterjunkan langsung ke lapangan. Dua unit damkar, satu unit water supply satpol PP, dan satu unitnya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madiun. Sengaja diturunkan  empat truk mengantisipasi api membesar. ’’Di sini lingkungan perkantoran, dekat dengan permukiman warga dan anginnya besar,’’ bebernya.

Pantauan Jawa Pos Radar Madiun, areal pembakaran sampah cukup luas. Banyak tumpukan kayu berserakan, pepohonan, dan bahan mudah terbakar lainnya. Proses pemadaman berlangsung satu jam. Kendati api sudah padam, proses pemadaman berlangsung cukup lama. (mg2/c1/ota)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here