Ngawi

Gaji CPNS Baru Telan Rp 4 Miliar

NGAWI – Para calon pegawai negeri sipil (CPNS) Ngawi hasil rekrutmen 2018 dipastikan semakin semringah mendengar kabar ini. Pemkab setempat sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar dalam APBD 2019 untuk membayar gaji mereka. ‘’Kurang lebih segitu besarnya untuk gaji CPNS,’’ kata Kepala Badan Keuangan (BKD) Ngawi Bambang Supriyadi kemarin (28/4).

Bambang mengungkapkan, anggaran jumbo itu disiapkan untuk membayar gaji 402 CPNS hasil rekrutmen tahun lalu. Termasuk tambahan penghasilan lainnya sesuai dalam surat keputusan (SK) pengangkatan yang diteken bupati beberapa waktu lalu. ‘’Nanti kalau kurang akan ditambahkan lagi dalam perubahan APBD,’’ tuturnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Ngawi Yulianto Kusprasetyo menambahkan, ratusan CPNS itu mulai menerima gaji Juni mendatang. Sebab, masa kerja mereka terhitung per 6 Mei. ‘’Sesuai SPMT (surat perintah melaksanakan tugas, Red)-nya seperti itu,’’ jelasnya.

Yulianto menyebut, gaji yang akan diterima para CPNS itu kelak hanya 80 persen dari gaji pokok. Pun, besaran yang diterima masing-masing tidak sama. Tergantung masa kerja dan golongan kepangkatan. CPNS dari eks tenaga honorer kategori 2 (THK-2), misalnya, masa kerjanya juga akan diperhitungkan. ‘’Jadi, tidak sama dengan CPNS dari umum yang baru mulai kerja setelah diangkat,’’ ujarnya.

Masing-masing golongan, kata dia, besaran gajinya juga berbeda. Misalnya CPNS golongan IIIa, kelak nominal gaji yang diterima sekitar Rp 1,9 juta. Itu didapat dari 80 persen gaji pokok yang jumlahnya sekitar Rp 2,4 juta. ‘’Begitu juga untuk golongan IIIb dan seterusnya. Kalau untuk THR (tunjangan hari raya, Red) tahun ini belum dapat,’’ ungkapnya. (tif/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close