Ponorogo

Festival Tumpeng dan Kereta Kuda ala Pesantren, Kenalkan Filosofi Yen Metu Kudu Sing Mempeng

Ratusan tumpeng dan puluhan kereta kuda menandai khataman Quran anak-anak di lingkungan Pesantren Durisawo, Nologaten. Selain mewujudkan rasa syukur, perhelatan ini bagian dari upaya pengenalan budaya sejak belia.

————-

NUR WACHID, Ponorogo

SORE itu, anak-anak dari playgroup dan TK Al-Kautsar berpakaian toga dan kebaya. Sedikitnya 280 anak memegang tumpeng mini dan membagikannya kepada warga di sekitar pesantren. Setelah itu, bergiliran menunggangi 53 kereta kuda yang telah berjajar rapi di sekitaran Pondok Pesantren Durisawo, Nologaten. ‘’Ini menandai khatam Quran anak-anak di sekolah kami,’’ kata Fitri Wahyuni, Direktur Pendidikan Al Kautsar.

Mengkhatamkan bacaan Alquran selama setahun itu diharapkan menjadi bekal anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah berikutnya. Kemeriahan terlihat ketika anak-anak berjalan sembari memegang tumpeng masing-masing usai doa khotmil Quran. Usai sungkem kepada orang tua, mereka pun berjalan melewati gerbang pesantren. Menuju rumah-rumah warga sekitar terutama yang telah lanjut usia. ‘’Penting menanamkan kepedulian untuk saling berbagi dan mengasihi sesama sejak kanak-kanak,’’ tegasnya.

Tumpeng yang berupa nasi kuning berbentuk gunungan lengkap dengan lauknya itu juga dinikmati bersama-sama. Selain perlambang kebersamaan, tumpeng juga mengandung pesan luhur dalam filosofi Jawa. Tumpeng, akronim yen metu kudu sing mempeng (bila keluar harus dengan sungguh-sungguh). ‘’Kami harapkan, anak-anak semakin giat belajar dan bersungguh-sungguh menggapai cita-citanya,’’ ungkapnya.

Dengan kereta kuda, mereka pun kirab melewati Jalan Lawu, Jalan Merapi, Soekarno Hatta, Urip Sumaharjo, Raden Saleh, Jenderal Sudirman, Gajah Mada, Sultan Agung, Ahmad Dahlan, hingga Alun-alun Utara. ‘’Sengaja kami mengenalkan dokar sebagai transportasi utama di masa lalu. Sebelum keberadaannya hilang ditelan kemajuan zaman,’’ ucapnya.  *** (fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close