Ngawi

Fenomena Viral di Mengger, Secara Ilmiah Memungkinkan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Fenomena ’’Bandung Bondowoso’’ di Desa Mengger, Karanganyar, dapat dijelaskan secara ilmiah. Kalangan pengusaha konstruksi menduga Giman memindahkan kerangka rumah limasan miliknya secara manual.

‘’Bisa jadi menggunakan alat bantu seperti dongkrak atau peralatan sederhana lainnya untuk mengangkat, kemudian diganjal secara bertahap,’’ kata Amar Sunaryo, ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Ngawi, Kamis (9/7).

Dia menyebut, proses pemindahan secara manual seorang diri itu memungkinkan karena konstruksi kerangka rumah milik Giman diduga memiliki ketahanan tinggi terhadap getaran. ‘’Kemungkinan selama memindahkannya tidak ada warga yang melihat. Tiba-tiba sudah selesai,’’ jelasnya.

Menurut Amar, proses pemindahan kerangka rumah Giman tidak dapat dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis. Sebaliknya, murni faktor konstruksi. ‘’Terlepas dari itu, saya salut dengan keunikan konstruksinya. Misalnya, adanya lubang di tengah untuk ruang bawah tanah,’’ katanya.

Diberitakan sebelumnya, Giman berhasil memindahkan kerangka rumah model limasan miliknya ke konstruksi bangunan hanya dalam waktu semalam.

Peristiwa itu pun langsung viral dan membuat warga berbondong-bondong datang ke lokasi untuk membuktikan kebenarannya.

Kerangka rumah berbahan kayu itu mampu digeser sekitar 60 sentimeter dari tempat semula. Juga terpasang di atas fondasi setinggi kurang lebih 135 sentimeter oleh Giman seorang diri. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close