AdvertorialMadiun

Fasilitasi Bakat dan Minat Anak Disabilitas, Maidi Janjikan Sepeda ke Dandi

MADIUN – Keterbatasan fisik tidak menghalangi anak disabilitas di Kota Madiun berkreasi. Dandi Bintang adalah salah satunya. Siswa SDLB Bhakti Luhur itu sangat piawai berpuisi. Bahkan, puisi karyanya berjudul ibu sampai membuat pejabat yang hadir di acara senam dan gelar seni bersama anak disabilitas se-Kota Madiun itu Selasa (18/6) di Lapangan Gulun merasa trenyuh.

Tanpa kecuali Wali Kota Madiun, Maidi. Selesai membacakan puisi, siswa kelas IV itu langsung mendapat tawaran dari mantan Sekda Kota Madiun tersebut. Dengan lantang, Dandi menginginkan sepeda. ‘’Ya, nanti kita belikan,’’ ujar Maidi.

Dalam acara itu sebanyak 315 anak anak disabilitas menunjukkan kreativitas mereka di bidang seni. Seperti menyanyi, menari, baca puisi dan bermain angklung. ‘’Saya sangat kagum dan bangga kepada mereka,’’ ungkapnya.

Sebagai bentuk kepedulian pemkot terhadap para anak disabilitas itu, Maidi bakal memfasilitasi pengembangan bakat dan minat mereka. Tujuannya supaya mimpi dan cita-cita mereka terwujud. ‘’Kami akan memenuhi semua fasilitas yang mereka butuhkan agar bisa berkarya seperti anak-anak lain,’’ kata pejabat asal Magetan itu.

Dia menambahkan pemenuhan itu dalam bentuk penyediaan lapangan pekerjaan. Misalnya membangun sebuah galeri seni untuk mengapresiasi karya seni anak berkebutuhan khusus tersebut. ‘’Seperti wayang yang ditampilkan saat event tadi merupakan buah tangan mereka. Hasilnya pun luar biasa, sangat membuat saya kagum,’’ terang Maidi.

Bentuk kepedulian lainnya adalah dengan berencana membangun taman khusus bagi kaum disabilitas. Serta menyelenggarakan event untuk pengembangan bakat dan minat para anak disabilitas. ‘’Seluruh masyarakat Kota Madiun berhak menikmati (pembangunan), tak terkecuali penyandang disabilitas,’’ tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun Heri Suwartono menyatakanm bakal mendukung dan ikut menyukseskan program pemkot tersebut. Seperti mengolaborasikan rencana pembangunan dengan menggandeng para kaum disabilitas. Di antaranya berupa pelatihan dan pembinaan rutin tiap bulan dibawah bimingan para tenaga profesional. ‘’Kami siap memberikan tempat dan ruang untuk mereka berkreativitas seluas-luasnya,’’ katanya. (mga/her/adv).

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close