Fasilitas Toilet Alun-Alun Dikeluhkan Pengunjung

187

MAGETAN – Alun-alun Magetan selama ini terbilang ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan. Sayang, fasilitas toilet bagi pengunjung masih jauh dari kata memadai. Tak pelak, kondisi itu menjadi bahan rasan-rasan warga.

Sejatinya pemkab menyediakan sebuah toilet jenis mobile di salah satu sudut alun-alun. Namun, selama ini lebih sering digembok dan kehabisan air. ‘’Dua hari sekali baru diisi air,’’ kata salah seorang petugas parker, Selasa (4/7).

Pria yang enggan disebut namanya itu mengatakan bahwa banyak pengunjung yang menanyakan ketersediaan toilet di alun-alun. ‘’Kadang kami arahkan ke masjid atau numpang ke warung,’’ ujarnya sembari menyebut toilet mobile milik pemkab biasanya hanya dioperasikan ketika ada acara tertentu.

Kabid PSU, RTH, dan Pertanahan Disperkim Yoyok Djoharsorianto mengungkapkan, fasilitas toilet di alun-alun bakal dibangun tahun ini. Pun perencanaan sudah rampung. ‘’Mudah-mudahan tidak ada kendala,’’ harap Yoyok.

Dia menuturkan, rencana membangun toilet sudah muncul sejak alun-alun masih berada di bawah kewenangan dinas lingkungan hidup (DLH).  Bahkan, Yoyok menyatakan bagian fondasi sudah dibangun. ‘’Tapi, nanti kami bongkar lagi. Setelah selesai lelang, baru bisa digarap,’’ katanya.

Yoyok menambahkan, selain toilet, pihaknya bakal menambahkan fasilitas permainan anak-anak. ‘’Kami prioritaskan toilet dulu,’’ ujarnya. (mg4/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here