Faizal Pink, Sosok di Balik Kesuksesan MPI Merajai Bisnis Printing

194

MENDENGAR Matahari Pink Inspiration (MPI) Printing yang teringat pertama adalah nama Faizal Pink. Dialah founder dibalik kesuksesan MPI Printing. Bisnis yang telah dirintisnya sejak 2005 silam ini telah buka cabang di Magetan. Jumlah karyawan pun mencapai ratusan. ’’Padahal dulu waktu saya merintis pegawai empat orang termasuk saya, dan waktu itu nama perusahaan masih Pink Inspiration,’’ kata Faizal Rachman.

Butuh perjuangan yang tidak mudah untuk mencapai kesuksesannya ini. Tantangan terberat adalah saat menghitung pengadaan mesin. Sebab, tidak semua mesin bagus dia beli. Perlu menyesuaikan kebutuhan dan pangsa pasar. Pun, kini dia memiliki lebih 15 mesin produksi. ’’Mesin itu kan harganya mahal bisa miliaran, artinya kami harus  menghitung,  buat apa beli mesin bagus tapi kalau pasarnya nggak ada,’’ ujarnya.

Tantangan lain adalah hadirnya para kapitalis pemilik modal yang otomatis menjadi pesaing pasarnya. Maka kreativitas dan kualitas karya diutamakan. Untuk menjawab tantangan itu sudah 1,5 tahun ini Faizal membentuk divisi kreatif khusus mengolah produksi menjadi produk kreatif yang berdaya jual. ’’Seperti cetakan akrilik dikreasikan dengan yang berbau korea-koreaan, sekarang nge-trennya gitu,’’ bebernya.

Usut punya usut, Faizal mengelola bisnis saat dia baru saja lulus kuliah. Dia menggadaikan mobil orangtuanya dengan harga Rp 30 juta. Uang itu dipakai untuk membeli mesin cetak. ’’Potensi pasarnya bagus, bisnis saya cepat berkembang, jadi ijazah saya belum sempat kepakai buat lamaran kerja,’’ selorohnya.

Faizal juga punya prinsip bisnis. Tergolong unik. Yakni bukan hanya sekadar menambah profit tapi menambah karyawan. ’’Semakin banyak karyawan berarti menandakan perkembangan bisnis baik, kita semakin dibuat repot,’’ pungkasnya. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here