EWS Hanya Fokus untuk Tsunami

79

PACITAN – Luapan Sungai Grindulu setiap musim penghujan kerap membanjiri permukiman warga. Minimnya peringatan dini acap membikin kelabakan warga. Tak jarang derasnya aliran membuat warga terjebak kebanjiran. ‘’Saat ini EWS (early warning system, Red) memang masih fokus pada tsunami, bukan banjir,’’ kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Didik Alih Wibowo.

Didik mengungkapkan, dari 17 EWS atau alat peringatan dini yang terpasang, seluruhnya difokuskan untuk tsunami, gempa, dan tanah gerak. Kebanyakan dipasang di tepi laut untuk memantau aktivitas tsunami. Seperti di Pidakan, Patok Kowang, Tamperan, dan Cuwik. Masing-masing berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia. Dikhawatirkan, gulungan ombak raksasa tersebut mengancam Pacitan. ‘’Tentu saja kita tidak harapkan ada tsunami, tapi alat-alat itu akan berguna pada waktunya,’’ ujarnya.

Untuk peringatan dini bencana banjir, dia berharap warga aktif memantau kondisi lingkungan saat hujan mengguyur. Terlebih warga yang bermukim di sekitar aliran Sungai Grindulu. Pasalnya, sungai tersebut jadi muara sungai dari empat kecamatan di Pacitan. Yakni, Bandar, Tegalombo, Ngadirojo, dan Arjosari. ‘’Karena tak ada bendungan besar di sana, jadi aliran air seharusnya terpantau saat hujan,’’ tuturnya.

Tak hanya kasatmata. Beberapa jembatan dan bendungan kecil juga terdapat angka ketinggian air. Pun relawan kebencanaan acap memberitahukan kondisi ketinggian sungai saat hujan mengguyur. Baik lewat radio maupun smartphone. Hingga masyarakat diminta selalu waspada saat hujan tiba. ‘’Terlebih hujan yang mengguyur lebih dari dua jam,’’ paparnya.

Didik mengimbau warga yang kerap terdampak luapan Sungai Grindulu saat musim penghujan sudi mengenali lingkungannya. Pun evakuasi barang berharga saat hujan mengguyur disarankan, ketimbang rusak terendam banjir. Namun demikian, jika telanjur terendam, dia berharap warga lekas mengungsi dan lebih mementingkan keselamatan jiwa. ‘’Kami selalu sosialisasikan terkait kewaspadaan dini terhadap bencana, semoga dengan itu minim kerugian saat banjir terjadi,’’ ucapnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here