Estimasikan Pedagang Pasar Eks Stasiun Boyongan Pekan Ini

146

PONOROGO – Pekan ini menjadi tenggat waktu terakhir relokasi pedagang dari pasar eks stasiun. Tidak ada alasan lagi menunda relokasi lantaran lokasi tempat tujuan mereka pindahan sudah siap. Satpol PP mengestimasikan waktu setidaknya pekan ini seluruh pedagang yang masih tercecer pindah ke pasar relokasi. ‘’Kami dua hari ini di pasar eks stasiun untuk menginformasikan relokasi ini,’’ kata Kasatpol PP Supriyadi kemarin (18/2).

Satpol PP telah telah berkoordinasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) guna membahas kelanjutan relokasi. Disperdakum telah melaporkan bahwa areal sisi selatan los 4 yang diperuntukkan bagi pedagang eks stasiun telah siap. Begitu pula areal sisi timur yang diperuntukkan akses hilir mudik logistik. ‘’Disperdakum sudah menyatakan siap. Saluran di sekitar Soekarno Hatta juga bakal dinormalisasi,’’ ujarnya.

Pertimbangan utama relokasi, sebagaimana keinginan pedagang, adalah kesiapan areal pasar relokasi. Kesiapan areal relokasi, kata Supriyadi, telah dipastikan siap pada pekan lalu. Seluruh pekerjaan plester semen, termasuk pembagian bedak, rampung dilaksanakan. Pun, sudah ada waktu jeda lebih dari lima hari untuk membuat plesteran semen tempat para pedagang itu menjadi kering. ‘’Pertimbangan lainnya adalah usia bangunan. Minimal lima hari lah, setelah itu baru bisa dipakai aktivitas,’’ tuturnya.

Supriyadi menyebut, batas waktu terakhir relokasi diestimasikan pekan ini. Dia optimistis ratusan pedagang yang selama ini masih berniaga di seputaran aset PT KAI itu bersedia boyongan. Sebagian pedagang juga sudah melihat lokasi bedak di pasar relokasi. Sebagian lainnya bahkan ada yang sudah mulai pindahan. Namun, gelombang besar relokasi para pedagang eks stasiun belum dilakukan. ‘’Prinsipnya, saat ini tempatnya sudah siap. Karena itu, begitu pula seharusnya pedagang,’’ harap Supriyadi. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here