Enceng Gondok Bikin Pancer Door Terkesan Tak Terawat

71

PACITAN  – Pantai Pancer Door punya keunikan dibanding pantai lain di Pacitan. Selain jadi muara Sungai Grindulu, juga jadi lokasi surfing favorit. Pun jadi tempat penyu bersarang. Ciri khas lainnya, sebagai green belt. Sebab, ditumbuhi tanaman semak mirim enceng gondok. Bahkan, hampir seluruh pantai dipenuhi tamanan tersebut. ‘’Banyak, ada yang di bawah cemara, ada juga yang di pantai,’’ ujar Wikan, salah seorang pengunjung kemarin (24/3).

Keberadaan enceng gondok tersebut menjadikan pantai terlihat tak terawat. Terlebih yang tumbuh di bawah hutan cemara udang. Padahal keberadaan hutan tersebut jadi daya tarik pantai di lingkungan Temon, Ploso, itu. Pun, pengunjung dapat menikmati ombak dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara. ‘’Sangat disayangkan karena eceng gondok ini jadi gak bisa leluasa piknik,’’ seaalnya.

Sementara Desi Srianti, pengunjung lainnya, menyebut enceng gondok tersebut semestinya dapat dimanfatkan pengelola pantai. Dia berharap, tanaman liar itu dapat dijadikan area hijau di Pancer Door. Khususnya yang berada di tempi pantai. Pasalnya, berbeda dengan pantai lain. Tanaman tersebut tumbuh di pasir. ‘’Kalau yang ditepi pantai lumayan bagus telihat hijau apalagi dari drone tapi kalau yang di bawah cemara mungkin harus dibabat,’’ ungkap wisatawan asal Ponorogo ini.

Desi menyayangkan minimnya perhatian pada tanaman tersebut. Pun dibiarkan tumbuh liar. Padahal pantai Pancer Door tergolong dekat dengan kota serta mudah dijangkau. Pemandangan mentari senja di lokasi tersebut juga sayang untuk dilewatkan. ‘’Sering ke sini, karena rumah saudara di sekitar sini. Jadi sayang kalau pantai ini tak dirawat,’’ tuturnya

Terpisah, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Pumuda dan Olahraga Pacitan Budi Hartoko menyebut pernah melakukan pembersihan tanaman tersebut dari tepi pantai. Namun, pemotongan tak mampu mematikan tanaman sejenis enceng gondok tersebut. Pasalnya memiliki umbi yang harus dicabut bila ingin membasmi. ‘’Apalagi tumbuhannya banyak sekali,’’ dalihnya. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here