Empat Pencuri Minimarket Gundik, Slahung, Tertangkap

74
TERKAPAR: Slamet dipulihkan ke RSU Aisyiyah setelah lutut kanannya dihadiahi timah panas.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Mata rantai jaringan pencurian dengan pemberatan (curat) berhasil diputus tim gabungan polisi lintas provinsi. Salah satu aksinya, menggasak minimarket di Gundik, Slahung. Aksi yang mengakibatkan kerugian senilai Rp 24 juta itu dilakukan empat pelaku.

Slamet Riyadi, satu dari komplotan itu, dilumpuhkan dalam perjalanan di Giriwaya, Wonogiri, Jateng, dini hari kemarin. Mobil Honda Brio W 1627 CY yang dikendarai lima kawanan pencuri itu sempat diberondong peluru. Pelarian terhenti usai mobil berkelir putih itu terperosok ke dalam parit. ‘’Saat dihadang, kami kaget. Balik kanan, kabur,’’ kata Slamet yang lutut kanannya dihadiahi timah panas oleh petugas.

Kepada Radar Ponorogo, dia mengungkapkan bahwa modus komplotannya adalah beraksi secara terpisah. Setiap TKP disatroni minimal empat pelaku. Jika kurang, disubstitusi pelaku tambahan yang beroperasi di wilayah lain. Seperti dirinya, yang turut terlibat dalam dua aksi curat di Wonogiri. Untuk curat di minimarket Gundik akhir Agustus lalu, Slamet beraksi dengan Imam, Lutfi, dan seorang yang masih buron. Imam dan Lutfi juga dilumpuhkan di Wonogiri dan kini telah diamankan ke Polres Madiun. ‘’Sudah lima kali, tapi orangnya beda-beda. Saya sudah di Bangkalan, Madiun, Ponorogo, dan dua kali di Wonogiri,’’ ujarnya. Ternyata, Slamet merupakan residivis kasus serupa. ‘’Saya dapat bagian Rp 7,5 juta. Saya ini hanya pesuruh,’’ imbuh Slamet.

Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Ponorogo Iptu Hariyadi menerangkan kronologi curat Indomaret akhir bulan lalu. Slamet bersama tiga pelaku menjebol dinding belakang toko modern itu menggunakan linggis. Lantas mengambil uang dalam brankas senilai Rp 19 juta beserta sejumlah barang lainnya. Total kerugiannya ditaksir Rp 24 juta. Pengusutan curat minimarket milik eks pejabat pemprov itu belum klir. ‘’Satu pelakunya masih dalam pengejaran,’’ kata Hariyadi. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here