Magetan

Emak-Emak Sigap Halau Kebakaran Lawu

SIANG lalu (15/11) itu, mata Warti tertuju ke lereng Gunung Lawu yang terlihat dari kejauhan. Tepatnya dari Desa Bedagung, Kecamatan Panekan. Lereng Gunung Lawu terpantau sedang membara. Tanpa pikir panjang, perempuan 38 tahun itu langsung menuju titik kebakaran bersama petugas gabungan. Terdiri para relawan, BPBD, anggota TNI-Polri, serta pihak Perhutani. Dia memutuskan ikut bergabung memadamkan api. ‘’Karena saya peduli dengan hutan dekat desa saya,’’ kata Warti Senin (18/11).

Dalam upayanya memadamkan si jago merah yang mengamuk di lereng Gunung Lawu itu, Warti tidak sendiri. Dia juga ditemani tiga emak-emak lainnya. Menggunakan peralatan seadanya seperti ranting pohon, Warti dkk berusaha memadamkan titik api. ‘’Butuh dua jam perjalanan menuju lokasi kebakaran,’’ ujarnya.

Namun, Warti mengaku proses pemadaman itu berjalan sulit. Karena saat itu angin bertiup kencang. Sehingga, nyala api makin meluas. ‘’Kami bantu membuat ilaran supaya nyala api tidak merembet ke mana-mana,’’ terangnya.

Selain Warti, ada Tumini yang ikut dalam proses pemadaman api di lereng Gunung Lawu tersebut. Perempuan 47 tahun itu bahkan sampai kelelahan karena api tak kunjung bisa dijinakkan hingga akhirnya meluas. ‘’Ya sebisa mungkin saya berusaha bantu memadamkan, karena kami cari makan juga dari sana,’’ kata Tumini.

Sementara itu, sampai dengan kemarin sore sejumlah titik api berhasil dipadamkan. Tinggal menyisakan kepulan asap dari bonggol kayu sisa kebakaran. ‘’Sementara masih kami pantau,’’ imbuh Asisten Perhutani KPH Lawu Ds Marwoto.

Total luas hutan di lereng Lawu yang terbakar mencapai 15 hektare. Sebagian besar merupakan pohon pinus. Tapi, ada juga pohon avokad, kopi, dan cengkih milik warga yang dilalap api. ‘’Khusus untuk daerah yang sulit dijangkau, kami lakukan pemantauan saja,’’ ungkap Marwoto. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close