Eksplorasi Ampas Kopi, Erwin Lukis Wajah Pesohor dari Warung ke Warung

399

PONOROGO – Kopi memang bisa menghadirkan seribu inspirasi. Seperti Erwin Winarto yang mengeksplorasi ampas kopi untuk dilukiskan ke piring kecil (lepek). Sekadar pengisi waktu sembari ngopi, kreativitasnya patut diapresiasi.

Dinding kafe di penggal Jalan Thamrin itu terlihat artistik. Sejumlah lepek yang direkatkan bergambar tokoh-tokoh terkenal. Mulai HOS Cokroaminoto, Presiden Soekarno, Wiji Thukul, hingga Osama Bin Laden. Dipajang tak beraturan tapi menarik untuk disaksikan.

Erwin Winarto melambaikan tangan saat koran ini melihat lukisan di lepek tersebut. Saat itu, dia sibuk melukis di atas lepek menggunakan ampas kopi yang baru diseruputnya. Dia goreskan ampas di secangkir kopi yang tandas itu. Tak lama berselang, wajah musisi kenamaan Iwan Fals terselesaikan. ‘’Iseng saja karena memang bukan seniman,’’ katanya merendah.

Piring kecil penyerta cangkir itu dipilihnya karena dianggap lebih mudah. Ketimbang melukis dengan media kanvas. Meski begitu, setiap hasil lukisannya selalu mengundang apresiasi. Pemilik kafe langganannya itu selalu mengoleksi setiap Erwin usai melukis. ‘’Senang ada yang suka, meskipun karya saya terbilang sederhana,’’ ujar pria kelahiran 1996 itu.

Awal mencoba, Erwin yang saat itu masih SMA menggambar karakter warok. Tapi, tak berupa. Dia pun semakin tertantang untuk mengasah kemampuannya. Sampai berhasil melukis wajah-wajah pesohor seperti aslinya. Prosesnya bisa makan waktu lima jam. ‘’Prosesnya lama karena harus menyesuaikan kepekatan ampas kopi,’’ ungkap sulung tiga bersaudara pasangan Warnun-Tatik Listiani ini.

Semakin ke sini, Erwin semakin mahir melukis di atas lepek. Proses yang semula lima jam pun berhasil diringkasnya sejam. Namun, tak cepat berpuas diri. Dia pun berencana mempelajari teknik melukis dengan ampas kopi menggunakan media kanvas. ‘’Masih cari-cari tekniknya,’’ ucap lulusan SMKN 1 Jenangan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2015 lalu itu. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here