Ekonomi Kreatif Harus Berkembang

59

PEMBANGUNAN tahun 2020 harus bisa lebih baik lagi dari 2019. Sepanjang 2016 hingga tahun ini, pemerintah baik eksekutif maupun legislatif telah banyak berbuat, melakukan berbagai pembenahan di masyarakat. Mulai dari infrastruktur hingga pencanangan tahun ini sebagai tahun wisata. Hal itu semata demi membangun Ponorogo. Maka, sudah sepatutnya tahun depan fondasi yang sudah dicanangkan dengan kuat ini mampu menjadi pijakan dalam membangun Ponorogo lebih baik lagi.

Pencanangan tahun ini sebagai tahun wisata harus disukseskan bersama. Berbagai objek wisata bersolek. Termasuk infrastruktur penunjangnya. Output yang bisa diharapkan adalah berkembangnya simpul-simpul ekonomi kreatif baru di masyarakat. Dari destinasi wisata, kemudian menular ke masyarakat sekitarnya. Serta, Ponorogo secara keseluruhan. Tahun depan, harapannya semakin banyak bermunculan simpul ekonomi kreatif dari datangnya gelombang wisatawan ke Ponorogo.

Tahun depan juga akan menghadapi berbagai macam dinamika. Tahun ini, pemilihan legislatif (pileg) digelar. Dinamika politik pasti selalu mendorong untuk berkompetisi. Tentu dari kompetisi itu, ada yang masuk dan ada yang keluar. Pasti ada anggota baru dan ada incumbent yang kembali terpilih. Persentasenya, seperti tradisi sebelumnya, anggota incumbent 60 persen dan yang baru 40 persen.

Sudah pasti muncul dinamika karena hal itu. Dinamika yang sama juga pasti berlaku untuk pemilihan-pemilihan lain, termasuk presiden.

Kami berharap, apa pun dinamika yang berkembang, baik hukum, pemerintahan, maupun politik, tidak mengorbankan masyarakat. Justru sebaliknya, kepada kepentingan masyarakatlah semua dinamika itu harus bermuara. Ini harus menjadi atensi seluruh stakeholder di Ponorogo.

Kami juga berharap, ekonomi Ponorogo semakin kuat. Budaya dan agamanya juga semakin baik. Supaya, cita-cita bersama dalam mewujudkan Ponorogo yang maju, berbudaya, dan religius, bisa tercapai. Dalam arti, sampai pada taraf interaksi sosial di masyarakat. Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) merupakan satu sarana dalam mempersiapkan berbagai upaya ke arah itu. Semoga aspirasi dari masyarakat dapat terakomodasi sebaik mungkin.*** (naz/sat/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here