Efisiensi Pegawai dengan SPBE

19
KURANG PERSONEL: Pemkab Ponorogo berharap tingginya angka pensiun dapat ditutup lewat rekrutmen CPNS dan CPPPK.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pelayanan publik berbasis elektronik seakan menjadi keniscayaan. Termasuk rencana pemkab menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) sebagai bentuk transparansi. ‘’Dalam jangka panjang, rekrutmen saja tidak cukup,’’ kata Wabup Ponorogo Soedjarno Senin (16/9).

Pengaplikasian sistem itu dinilai sudah sepatutnya dilakukan. Karena untuk meningkatkan transparansi, kemudian memperbaiki perencanaan, dan akuntabilitas pemerintah daerah. Termasuk di dalamnya menyelesaikan tentang persoalan kekurangan pegawai yang sedang dihadapi oleh semua pemda. Sistem itu terintegrasi dengan data kepegawaian.

Soedjarno menyebut, setiap tahun jumlah pegawai pemkab yang memasuki batas usia pensiun (BUP) ada sekitar 350 orang. Sementara, jatah rekrutmen yang didapat oleh pemkab jauh dari BUP. Tentu kondisi itu bisa mengganggu keseimbangan pelayanan kepada masyarakat. ‘’Mereka yang pensiun itu kebanyakan dari jajaran tenaga pendidik dan kesehatan,’’ ujarnya.

Di samping mengandalkan rekrutmen CPNS, pihaknya mendorong adanya penjaringan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK). Menurutnya, kebijakan itu menjadi bagian dari solusi krisis pegawai yang dialami oleh pemkab. Tetapi, proses tersebut masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat. ‘’Baik dasar perundangannya hingga sistem penyelenggaraan seleksinya,’’ tuturnya.

Meski kebutuhan CPNS sudah diusulkan ke Kemen PAN-RB, tetapi Soedjarno beranggapan rekrutmen itu bukan merupakan bentuk solusi jangka panjang. Diperlukan perubahan sistem penyelenggaraan pemerintahan. Seperti dengan pengaplikasian SPBE. ‘’Memang butuh waktu untuk bisa siap menerapkan. Tapi, yang jelas melalui SPBE ini, antar-organisasi perangkat daerah (OPD) akan lebih terintegrasi. Cepat dan tepat. Akan ada efisiensi dari sisi kepegawaian, karena tergantikan oleh sistem elektronik itu,’’ jelasnya. (naz/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here