Duo Ratu Sabu-Sabu Gagal Hadirkan Petugas Lapas

52
SINGKAT: Siti Artiyasari, 38, dan Natasya Harsono, 23, terdakwa perkara kepemilikan sabu-sabu empat kilogram, meninggalkan ruang sidang PN Kabupaten Madiun Rabu (18/9).

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Sidang keempat perkara kepemilikan sabu-sabu (SS) seberat empat kilogram hanya berlangsung dua menit Rabu (18/9). Penyebabnya, terdakwa Siti Artiyasari, 38, dan Natasya Harsono, 23, tidak bisa menghadirkan dua saksi meringankan.

Dalam sidang dengan agenda mendengar keterangan saksi di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Madiun itu, kedua saksi petugas Lapas Kelas I Madiun absen. Ketua Majelis Hakim Teguh Harissa langsung menuntaskan persidangan untuk dilanjutkan agenda selanjutnya dua pekan mendatang.

Sebab, dua kali kesempatan telah diberikan. Satu kesempatan lainnya bersamaan sidang ketiga mendengarkan keterangan terdakwa pekan lalu. ‘’Dua minggu lagi tuntutan, kami harap jaksa penuntut umum (JPU) bisa memenuhinya,’’ kata Teguh.

Teguh meminta terdakwa tidak khawatir. Kendati saksi yang disebut-sebut mengetahui komunikasi antara Siti dengan Edmon Gani, narapidana (napi) Lapas Kelas I Madiun, tidak bisa dihadirkan. Pihaknya bakal mengambil berbagai pertimbangan dari fakta persidangan yang dimulai pertengahan bulan lalu. ‘’Termasuk keterangan jujur atau tidak,’’ ujarnya.

Sigit Haryo, penasihat hukum (PH) duo ratu sabu-sabu, itu menyatakan komunikasi dengan lapas sudah dilakukan. Pun prosesnya sudah patut dan layak. Disinggung penolakan karena urusan urgensi, dia menepisnya.  Petugas lapas tidak bisa jadi saksi karena terbentur kesibukan. ‘’Kini, semua bergantung tuntutan jaksa dan putusan hakim. Kami tidak berani berspekulasi terkait hukuman yang akan diterima klien kami,’’ katanya.

Sementara JPU Rohyani belum bisa memastikan cukup tidaknya tempo dua pekan menyelesaikan tuntutan. Pihaknya harus mengirim berkas tuntutan atas perkara ke lembaga di atasnya. Mengingat kasus yang ditangani ini tergolong kejahatan besar. ‘’Karena BB (barang bukti, Red)-nya empat kilogram,’’ sebutnya. (cor/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here