Dukung Pembangunan Puskesmas Ngrayun, Sukarela Hibahkan Tanah Keluarga

37
SUKARELA: Budi Darmono, perwakilan keluarga warga Selur, Ngrayun, saat serah terima tanah wakaf dengan Bupati Ipong Muchlissoni, Kamis lalu (11/7).

PONOROGO – Warga Selur, Ngrayun, rupanya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya. Tak tanggung-tanggung, seorang warga setempat mewakafkan 5,1 kilometer persegi tanahnya kepada Pemkab Ponorogo. ‘’Untuk pembangunan puskesmas,’’ kata Budi Darmono, perwakilan keluarga ahli waris Parto Yuwono.

Budi selaku anak dari Parto Yuwono dan Murdiah itu telah dipesani orang tuanya agar mewakafkan sebagian tanah keluarga demi kepentingan masyarakat. ‘’Setelah ahli waris semua dikumpulkan dan bermusyawarah, disepakatilah hibah ini,’’ ujarnya.

Tak hanya 5,1 kilometer persegi, Budi juga menyiapkan 5 kilometer persegi tambahan tanah jika kebutuhan pembangunan dirasa kurang. Kebetulan, Budi mendengar rencana pemkab yang akan membangun puskesmas di Ngrayun. ‘’Pemkab usul untuk pembangunan puskesmas atau rumah sakit. Kami ikut saja karena sama-sama demi kemaslahatan orang banyak,’’ tuturnya.

Bupati Ipong Muchlissoni mengaku trenyuh dengan niat mulia keluarga Budi Darmono. Di tanah wakaf tersebut, pemkab bakal membangun puskesmas rawat inap atau fasilitas setara rumah sakit tipe D. Demi mendekatkan pelayanan kesehatan di salah satu kecamatan terluar tersebut. ‘’Para ahli waris dari Bapak Parto Yuwono ini menemui saya yang intinya menjalankan wasiat orang tuanya untuk mewakafkan sebagian tanahnya untuk kepentingan umum,’’ katanya.

Ipong menyebut, wakaf yang dilakukan Budi Darmono dan keluarga sejalan dengan tujuan pemkab. Dia langsung menawarkan tanah wakaf untuk dibangun puskesmas rawat inap. Sejumlah alasan dikemukakan. Pertama, kapasitas puskesmas yang terbatas. Rencananya, pembangunan puskesmas rawat inap itu akan disokong anggaran dari pemerintah pusat. ‘’Kami optimistis tahun depan bisa mulai pembangunan dengan perkiraan biaya sekitar Rp 6-7 miliar. Kami juga terus konsultasi dengan Kemenkes,’’ tandasnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here