AdvertorialMagetan

Dukung E-government, Pemkab Magetan Datangkan Narasumber dari BSSN

MAGETAN, Jawa Pos Radar MagetanE-government terbukti mempermudah kerja para ASN. Lebih cepat dan sulit untuk dimanipulasi. Namun, harus ada jaminan keamanan data yang disimpan agar tak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan sertifikasi elektronik dalam mendukung e-government di Magetan, dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) setempat Kamis (7/11) mendatangkan Kasi Pelayanan Sertifikasi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Sandhi Prasetiawan.

Sandhi mengatakan, selama ini tanda tangan manual kerap dipalsukan. Namun, upaya memalsukan tanda tangan elektronik akan dengan mudah diketahui. Pun, pemanfaatan sertifikat elektronik berfungsi untuk melayani kebutuhan pengamanan sistem elektronik pemerintah. ‘’BSSN membangun layanan OSD (otoritas sertifikat digital, Red),’’ tuturnya.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, di era serbadigital ini ngantor bisa di mana saja. Tak harus duduk di kursi dalam ruangan. Pekerjaan dapat dilakukan di mana pun.

Dia menambahkan, selama ini surat yang masuk kepadanya kerap memakan waktu lama, bahkan bisa satu pekan. Tak jarang pula surat berhenti karena kepala dinas sedang dinas luar dan harus menunggu. Pelayanan pun menjadi tersendat. ‘’Kalau tanda tangan ini digital bisa satu detik. Tidak perlu berhari-hari,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Magetan Saif Muchlissun mengatakan, kegiatan tersebut untuk membangun kesamaan cara pandang terhadap penyelenggaraan tanda tangan sistem digital. Juga meningkatkan kesadaran keamanan komunikasi.

Diharapkan ASN di lingkup Pemkab Magetan memiliki pemahaman atas pentingnya IT security pada setiap OPD. ‘’Dengan diperolehnya sertifikasi elektronik BSSN, mendapatkan jaminan keamanan transaksi elektronik dalam mendukung e-government,’’ katanya. (bel/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close