Dugaan Korupsi Lahan Sekolah, Polisi Kantongi Dua Nama Calon Tersangka

45

NGAWI – Kasus dugaan korupsi pengadaan lahan sekolah di Mantingan bakal memasuki babak baru. Tidak lama lagi, Satreskrim Polres Ngawi bakal melakukan gelar perkara atas kasus tersebut. Itu dilakukan setelah proses audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selesai. ‘’Perkiraan awal bulan (Mei, Red),’’ kata Kasat Reskrim Polres Ngawi AKP Moch. Indra Nadjib, Kamis (18/4).

Indra mengaku, upaya penanganan perkara tersebut tinggal menunggu proses audit BPKP. Sedangkan proses di pihaknya sudah tidak ada masalah. Sejauh ini upaya penanganan perkara tersebut berjalan lancar. ‘’Tapi, kami harus menunggu hasil audit BPKP dulu untuk memastikan dan mencocokkan keterangan serta bukti-buktinya,’’ ujar Indra.

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan sejumlah bukti dan keterangan atas kasus dugaan tipikor yang disebut-sebut melibatkan oknum pejabat dinas pendidikan  setempat itu. Mulai bukti transfer, bukti pembelian, surat kuasa, hingga pernyataan dari pemilik lahan. ‘’Kami juga sudah meminta keterangan dari semua pihak yang terlibat. Terutama pemilik dan pembelinya,’’ imbuhnya.

Indra juga mengaku sudah mengantongi data kerugian negara yang ditimbulkan kasus tersebut. Yakni, sekitar Rp 1,1 miliar. Pun, telah mengantongi dua nama calon tersangka tindak pidana itu. ‘’Untuk penetapannya kami masih nunggu hasil audit BPKP,’’ tegasnya.

Upaya itu, lanjut dia, dilakukan untuk mengetahui ke mana saja aliran dana tersebut mengalir. Sebab, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan apakah duit Rp 1,1 miliar itu dinikmati tersangka sendiri atau ada pejabat lainnya yang ikut kecipratan. Karena itu, pihaknya perlu mendapatkan keterangan lebih lanjut setelah penetapan tersangka nya kelak.

Sekadar diketahui, kasus dugaan korupsi terbesar yang sedang ditangani Satreskrim Polres Ngawi saat tersebut terjadi awal 2018. Pada Januari 2019 lalu, kasus yang disebut-sebut menyeret dinas pendidikan setempat sebagai terlapor itu sudah dinaikkan dari proses penyelidikan ke penyidikan. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here