Dua Polwan Cantik Tetap Bertugas saat Warga Menikmati Liburan

181

MADIUN – Sebagian anggota kepolisian bertugas saat momen hari besar dan libur nasional sudah merupakan hal biasa. Itu pula yang harus dijalani Bripda Dita Rica Agustina dan Bripda Novemdia Nistam Cahya pada liburan Nataru kali ini. Bagaimana kesannya?

Mengenakan seragam khas warna cokelat, Dita Rica Agustina dan Novemdia Nistam Cahya tampak mondar-mandir di salah satu pusat perbelanjaan Jalan Pahlawan. Di antara kepadatan ratusan pengunjung, keduanya lantas mendekati petugas sekuriti mal. Setelah berbincang sejenak, Dita dan Novemdia kembali berkeliling memantau situasi.

Setelah memantau mal, keduanya kembali ke pos pengamanan (pospam) Natal dan tahun baru (Nataru) tidak jauh dari pusat perbelanjaan itu. Sampai di lokasi, kedua polwan itu langsung menyantap menu makan siang dengan lahap sambil sesekali melontarkan guyonan segar. ‘’Setiap Nataru ya seperti ini, nggak piknik ke mana-mana,’’ kata Dita.

Bagi polwan berpangkat bripda itu, bertugas saat momen hari besar dan libur nasional bukanlah hal baru. Sejak 2015, gadis 24 tahun ini sudah terbiasa berjaga di pospam. Mulai kawasan pos yang didirikan di alun-alun, sekitar pusat perbelanjaan, hingga terminal. ‘’Jaga pertama itu di alun-alun saat Lebaran tiga tahun lalu,’’ kenangnya.

Kali pertama berjaga di pospam, Dita sempat dilanda rasa sedih. Sebab, jarang memiliki waktu berbuka puasa bersama di rumah. Pun, tak bisa melewatkan Lebaran dengan keluarga besarnya. ‘’Soalnya, usai salat Id langsung tugas di pospam,’’ ujarnya.

Beruntung, anggota keluarganya paham betul dengan kesibukannya. Pun, mereka legawa menikmati kebersamaan setelah momen hari besar atau liburan berlalu. ‘’Awalnya sedih juga, tapi lama-lama jadi terbiasa,’’ ucap polwan asal Ponorogo itu.

Tantangan tersendiri dirasakan Novemdia. Jika biasanya pulang sore pukul 15.00, saat momen pergatian tahun, polwan yang berdinas di Unit Intel Polsek Taman itu baru bisa kembali ke rumah pukul 01.00. ‘’Tetap disyukuri. Malah, banyak teman sesama polisi yang rumahnya lebih jauh,’’ ujar Novemdia sembari melirik Dita.

Bagi Novemdia, di antara pengalaman nge-pam, bertugas di pospam Pasar Besar Madiun (PBM) menuntut kewaspadaan ekstra. Maklum, area pasar yang ramai rawan tindak krinimal seperti pencurian. Pun, demi kelancaran tugas, dia berusaha menjaga pola tidur teratur. ***(isd/c1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here