Ponorogo

Dua Pelaku Pencurian Mobil Tertangkap di Banyuwangi

PONOROGO – Timah panas bersarang di kaki spesialis pencuri mobil angkutan. Kedua pelaku dibekuk petugas Resmob Polres Ponorogo di Kecamatan Muncar, Banyuwangi, sekitar pukul 08.00 kemarin (6/2).

Duo spesialis pencuri mobil pikap dan dump truck itu adalah Sutrisno, 30, warga Desa Gunung Mekar, dan Suwarji, 32, warga Desa Adi Rejon, Jabung, Lampung Timur. Keduanya mulai menjadi daftar buruan polisi setempat setelah menggondol pikap L 300 di Desa/Kecamatan Slahung di pengujung tahun lalu.

Hasil curian itu dikirim ke Banyuwangi, dijual bersama tiga rekannya. Saat hendak bertransaksi, keduanya disergap petugas. Timah panas terpaksa disarangkan lantaran keduanya berupaya kabur saat penangkapan. ‘’Baru sekali mencuri. Sama teman saya gak tahu dijual berapa,’’ kata Sutrisno.

Sebelum berhasil tertangkap di ujung timur Jatim, keduanya sempat terendus melakukan aksi di kabupaten tetangga. Bersama komplotannya menyasar Trenggalek hingga Tulungagung. ‘’Akhirnya tertangkap saat transaksi di Banyuwangi,’’ ujar Kanit Resmob Polres Ponorogo Ipda Tidar Laksono.

Tidar mengungkapkan, dua pelaku yang tertangkap kali ini merupakan pemetik (eksekutor). Sekaligus mengotaki sindikat pencurian mobil muatan. Sekali beraksi, kedua pelaku yang sudah ahli ini bisa membawa kabur tiga-empat kendaraan. ‘’Selain beraksi di sejumlah daerah, keduanya mengakui perbuatannya di Ponorogo akhir tahun lalu,’’ tuturnya.

Tidar menambahkan, pencurian mobil muatan biasanya dilakukan empat pelaku. Waktu yang dibutuhkan untuk membobol kunci mobil tidak lebih dari sepuluh menit. Menggunakan kunci letter L yang kemarin turut diamankan. Dua pelaku lain sejauh ini masih dalam pengejaran. ‘’Dua buronan yang belum tertangkap juga berasal dari Lampung,’’ imbuhnya.

Jejak kejahatan sama sempat dicetak kedua pelaku di Kota Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel. Di sana pun, keduanya pernah tertangkap. Namun, seusai menjalani hukuman kembali melakoni aksi kejahatan. ‘’Barang-barang curian dijual ke Banyuwangi,’’ terang Tidar.

Pasca penangkapan dua pelaku ini, polisi terus mengembangkan penyidikan. Selain menangkap dua pelaku yang masih melarikan diri, juga mengungkap jaringan pencurian mobil muatan tersebut. Sekaligus menelusuri barang-barang curian yang rata-rata dilarikan ke Banyuwangi tersebut. ‘’Terus kami dalami,’’ janjinya. (mg7/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close