Dua Pekan Dipasang, Banyak Lampu Kawasan Telaga Sarangan Hilang

1292

MAGETAN – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Bambang Setiawan sedang bersungut-sungut. Betapa tidak, lampu penerangan jalan di seputaran telaga banyak yang dicuri. Padahal, lampu-lampu itu baru dua pekan terpasang. ’’Banyak bola lampu yang hilang, ini meresahkan,’’ kata Bambang.

Dua pekan lalu pemborong baru menyelesaikan pemasangan lampu penerangan jalan. Pihaknya sengaja membuat jalan seputaran telaga terang benderang. Sekaligus mempercantik objek wisata yang menjadi ikon Magetan itu. ’’Yang saya sesalkan kenapa sampai merusaknya,’’ ujarnya.

Bambang mengatakan, kasus ini menunjukkan kurangnya kesadaran menjaga aset dari pemkab. Ulah tersebut meresahkan. Kondisi ini tidak bisa didiamkan. Pihak rekanan belum melakukan serah terima dari proyek tersebut. ’’Kan kasihan, karena ini masih tanggung jawab pemborong,’’ tuturnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Pihaknya meminta kasus pencurian bola lampu ditindaklanjuti. Para pengunjung Sarangan tidak akan nyaman ketika jalur seputaran telaga gelap. ’’Harus ada tindakan tegas,’’ tekannya.

Lanjar, salah seorang pedagang di kawasan objek wisata tersebut, mengatakan bahwa selama ini tidak ada petugas keamanan khusus. Di Sarangan memang sudah ada pos polisi. Namun, untuk petugas keamanan internal tidak ada. Sehingga para pedagang banyak yang memilih tidur di kiosnya. Itu sekaligus untuk menjaga barang dagangan agar aman. ’’Harus ada solusi,’’ katanya.

(mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here