PacitanPeristiwa

Dua Insiden Karhutla Nyaris Bersamaan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Dua insiden kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi nyaris bersamaan di lokasi berbeda Kamis (17/10). Satu titik mendekati permukiman warga di Dusun Kwaron, Tambakrejo, Pacitan. Titik lainnya menyasar hutan jati di Desa Gunungsari, Arjosari. ‘’Di titik pertama, api berasal dari atas bukit kemudian merembet ke bawah mendekati rumah warga,’’ kata Kasi Dalpos Damkar Satpol PP Pacitan Bambang Supriyanto.

Asap mulai membubung dari atas bukit hutan rakyat yang ditanami jati di Tambakrejo sekitar pukul 10.00. Mendapatkan laporan dari warga, petugas pemadam kebakaran (damkar) bergegas ke tempat kejadian perkara (TKP). Banyaknya guguran daun kering membuat api cepat meluas.

Kobaran api sudah mendekati permukiman warga sekitar 50 meter. Beruntung, si jago merah berhasil dijinakkan sekitar dua jam kemudian. ‘’Luas hutan terbakar kurang lebih delapan hektare. Diduga karena unsur kesengajaan,’’ ujar Bambang.

Dua laporan kebakaran dalam waktu nyaris sama membuat personel damkar dipecah. Satu unit mobil damkar dan satu mobil suplai fokus di Tambakrejo. Satu unit lainnya meluncur ke Gunungsari. ‘’Di TKP Desa Gunungsari, personel kesulitan menjangkau lokasi kebakaran,’’ ungkapnya.

Menurut Bambang, kebakaran di Gunungsari berasal dari bawah bukit di pinggir jalan yang merembet ke atas bukit. Dia menduga dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengendara yang melintas. Lantaran banyak guguran dedaunan kering, api cepat menjalar ke hutan jati. ‘’Di Gunungsari kami lakukan pembasahan. Terkendala medan curam untuk menjangkau titik di atas bukit,’’ bebernya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close