Dua Gunung Membara, BPBD Inventarisasi Luas Lahan Terdampak

43
MEMERAH: Api sempat berkobar membakar lahan di kawasan hutan Gunung Lawu dan Bancak.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kebakaran hutan di Magetan terus meluas. Terpantau titik api berada di kawasan hutan Gunung Lawu dan Bancak. Khusus di Gunung Lawu, kebakaran terjadi di dua tempat. Yakni, di Desa Getasanyar, Sidorejo, dan Kelurahan Sarangan, Plaosan. Sedangkan, nyala api di Gunung Bancak berada di puncak.

Kendati demikian, kebakaran tersebut tidak sampai menyentuh permukiman penduduk. Posisinya jauh dengan tempat tinggal warga. ‘’Untuk penyebab kebakaran masih belum dapat diketahui,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra Selasa (17/9).

Kebakaran di Getasanyar hanya menghanguskan sejumlah tanaman perkebunan di kawasan tersebut. Api tidak sampai masuk ke petak lahan Perhutani. Kondisi berbeda terjadi di Dusun Singolangu, Kelurahan Sarangan. Nyala api menyambar beberapa pohon pinus yang terdapat di sekitar jalur pendakian Singolangu. ‘’Kami sudah siagakan tim untuk memantau agar kebakaran tidak makin meluas,’’ terangnya.

Terkait berapa luasan hutan yang terbakar di dua gunung tersebut, Fery mengaku belum dapat memastikan. Diperlukan proses inventarisasi data di lapangan. ‘’Untuk pohon tidak terlalu terkena dampak, karena api banyak menyerang tumbuhan bawah,’’ jelasnya. (fat/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here