Pacitan

Dua Bulan, Pendapatan Pariwisata Nyaris Raup Setengah Miliar

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sektor pariwisata Pacitan kembali menggeliat. Sejak kunjungan wisatawan dilonggarkan, keran pendapatan asli daerah (PAD) terus mengalir. Terhitung selama Agustus–September lalu, dinas pariwisata, kepemudaan, dan olahraga (disparpora) meraup pemasukan mencapai Rp 440 juta.

Kabid Pemasaran Disparpora Pacitan Harsanto mengatakan, pendapatan itu diperoleh dari biaya retribusi di sembilan destinasi wisata yang dikelola pemkab. Di antaranya, Pantai Klayar, Pancer Door, dan Srau. ‘’Pemasukan dari Gua Gong, pemandian banyu anget, dan Gua Tabuhan belum banyak. Karena masih simulasi,’’ katanya Senin (5/10).

Diakui sektor pariwisata sempat terpukul ketika awal pandemi. Dampaknya, target pendapatan dari sektor tersebut dikoreksi. Dari sebelumnya dipatok Rp 16 miliar, diturunkan menjadi Rp 7,4 miliar. ‘’Saat ini sudah tercapai sekitar Rp 3,5 miliar,’’ ungkap mantan sekcam Sudimoro itu.

Pihaknya telah menyiapkan beberapa program untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan. Selain gencar promosi, juga menyelenggarakan atraksi seni-budaya. ‘’Nanti akan digelar di masing-masing destinasi wisata. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,’’ tegas Harsanto. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close