Dua Bulan Lagi Atasi Parkir Liar 

48

KOTA – Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan tidak ingin dianggap tutup mata dengan maraknya parkir liar di sejumlah titik. Khususnya, di Jalan DI Panjaitan. ‘’Ini tadi saya sudah koordinasi dengan balitbang (badan penelitian dan pengembangan, Red) untuk mengatasi masalah tersebut,’’ kata Kepala Dishub Pacitan Wasi Prayitno, Selasa (10/7).

Wasi menyebut balitbang berencana mengkaji penataan parkir. Terutama di kawasan RSUD dr Darsono, Polres Pacitan, hingga sejumlah perbankan dan instansi lain di sepanjang Jalan Ahmad Yani dan sekitarnya. Pasalnya, di lokasi tersebut kerap terjadi pelanggaran. ‘’Akan dikaji dan diteliti penataan parkirnya,’’ ujar Wasi.

Menanggapi pelanggaran parkir di Jalan DI Panjaitan, Wasi memastikan ada personelnya yang berjaga di lokasi. Hanya, pihaknya tidak memiliki kewenangan melakukan penindakan. Kewenangan ada di tangan Satlantas Polres Pacitan. Pasalnya, itu  merupakan pelanggaran lalu lintas. ‘’Kecuali ada perdanya,’’ imbuhnya.

Selain menunggu kajian balitbang, dishub berkoordinasi dengan pihak terkait di lokasi pelanggaran parkir. Tidak hanya dengan pihak RSUD dr Darsono, tapi juga pemerintah dan warga kelurahan setempat. Dalam rapat tersebut, ada komplain yang diterima hingga pemecahan masalahnya. ‘’Kami memang dapat komplain karena parkir tidak teratur,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balitbang Pacitan Cipto Yuwono belum ingin berkomentar banyak. Pasalnya, kajian tersebut kemarin (10/7) masih dalam pembicaraan. Sedangkan saat ini masih dalam pembentukan tim. Terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Sedangkan kajian dan penelitian diperkirakan memakan waktu sekitar dua bulan. ‘’Minggu depan baru diskusi awal,’’ bebernya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here