Dua Bulan, Jumlah ODHA Bertambah 11

87

MADIUN – Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Madiun terus bertambah. Sepanjang dua bulan terakhir saja tercatat 11 orang positif terjangkit penyakit mematikan itu. Angka tersebut menambah panjang daftar orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di wilayah setempat.

Catatan dinas kesehatan (dinkes), dalam kurun waktu 2002 hingga Februari 2019 terdapat 682 ODHA. Dari jumlah itu, 295 di antaranya sudah kategori AIDS. ”Sisanya 387 penderita HIV,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kabupaten Madiun Agung Tri Widodo kemarin (17/2).

Dia mengatakan, untuk menekan angka kematian akibat HIV/AIDS butuh upaya deteksi dini. Mereka yang terindikasi terjangkit diwajibkan mengonsumsi antiretroviral (ARV) untuk mencegah penyebaran virus.‘’’Sehingga tidak sampai ke stadium parah,’’ ujarnya.

Upaya lain, lanjut dia, adalah getol melakukan voluntary counselling and testing (VCT) ke lokasi-lokasi yang ditengarai menjadi tempat bisnis esek-esek. Juga pengecekan langsung ke lingkungan yang terdapat ODHA. ‘’Adanya kewajiban tes VCT bagi ibu hamil juga sangat membantu,’’ tuturnya. (mg4/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here