Magetan

Dua Anggota PPK Dilaporkan Sakit

MAGETAN – Kejadian meninggalnya Irsan sebagai anggota KPPS Sumberejo mendapat perhatian dari KPU Magetan. Seperti rencana pemberian santunan dari KPU RI kepada ahli waris. ‘’Petugas KPPS yang sakit dan meninggal, sesuai himbaun dari KPU RI akan selalu di perhatikan,‘’ kata Ketua KPU Magetan Popy M.S Putranto.

Hanya untuk pemberian santunan tersebut menunggu instruksi dari KPU RI. Yang jelas, saat ini pihaknya lebih dulu akan melakukan pendataan kesehatan seluruh KPPS, PPS, dan PPK. Salah satunya dengan menggelar pemeriksaan kesehatan. ‘’Dari informasi masing-masing PPK, sementara ini baru dua orang yang lapor sakit dan seorang lainnya meninggal dunia,’’ ujar Popy kepada Jawa Pos Radar Magetan.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan itu sengaja dilakukan supaya kejadian yang dialami oleh Irsan tidak kembali terjadi. Apalagi, sampai dengan saat ini proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan masih terus berlangsung. ‘’Kami maklumi bahwa pekerjaan mereka sangat berat. Bahkan, sampai saat ini belum seluruhnya tahapan selesai,’’ terangnya.

Sesuai rencana, kata Popy, pemeriksaan kesehatan bakal dilakukan oleh dinas kesehatan (dinkes). Mereka selanjutnya bakal berkoordinasi dengan masing-masing puskesmas yang berada di setiap kecamatan. ‘’Pemeriksaan medik secara gratis sudah dilakukan bagi anggota KPPS, PPS dan PPK tadi (kemarin, Red),’’ katanya.

Sebenarnya proses rekrutmen anggota penyelenggara pemilu di tingkat bawah itu sudah menerapkan mekanisme serupa. Hanya, tidak semua dipatuhi oleh KPPS, PPS, dan PPK. Meski demikian, Popy mengaku kejadian ini tetap mendapat atensi dari KPU RI. Supaya ke depannya bisa menjadi bahan evaluasi pada pemilu 2024.

Apalagi, saat itu, pemilu bakal diselenggarakan secara serentak. Baik itu pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg) dan pilkada. ‘’Soal santunan dari KPU Magetan sudah kami berikan langsung Senin (22/4). Tapi, kalau dari KPU RI masih menunggu hasil laporan yang kami kirim,’’ ujar Popy. (mgc/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close