Dropping Air Bersih Desa Kuwon, Kecamatan Karas sampai Magrib

192
KEKERINGAN: Petugas BPBD Magetan saat mendistribusikan air bersih di Desa Kuwon, Kecamatan Karas, Selasa (21/8).

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Krisis air bersih di Desa Kuwon, Kecamatan Karas, juga belum berakhir. Bahkan, cenderung makin parah. Karena sumur cadangan warga yang biasa dipakai untuk keperluan memasak air minum sudah mengering.

Kondisi itu memaksa petugas BPBD Magetan terus-terusan mengirimkan bantuan air bersih kepada 2.017 warga Desa Kuwon. Dalam sehari terakhir, sebanyak enam tangki telah digelontorkan khusus untuk desa tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Magetan Air Budi Santosa mengatakan, distribusi air bersih untuk Desa Kuwon sudah sesuai ketentuan. Bahkan, sesuai dengan Permenkes bahwa kebutuhan air bersih warga desa tersebut dalam sehari mencapai 15 liter tiap orangnya untuk keperluan memasak air minum dan mandi. ‘’Sehingga, kalau dikalikan 2.017 orang, setidaknya dibutuhkan sekitar 30 ribuan liter air bersih,’’ katanya Minggu (25/8).

Diakuinya, pengiriman bantuan air bersih sudah dilakukan oleh BPBD sejak sepekan lalu. Awalnya, distribusi air bersih hanya 15 ribu liter setiap harinya. Tetapi, belakangan permintaan makin meningkat seiring laporan dari warga Dusun Penthuk dan Sumbermenang. ‘’Karena di dua dusun itu sebagian besar warganya tidak nyambung PDAM. Dan, sumurnya cepat mengering,’’ ungkap Ari.

Krisis air bersih paling parah terjadi di Dusun Sumbermenang. Tercatat ada empat rukun tetangga (RT) yang terdampak kekeringan. Meliputi RT 01 sebanyak 259 jiwa, RT 02 (246), RT 04 (410), dan RT 05 (408). ‘’Memang ada dropping air yang dilakukan oleh relawan-relawan dan beberapa instansi lain seperti PMI dan dinas sosial (dinsos),’’ ujar Ari.

Dampaknya, jadwal dropping air bersih bertambah. Selain ke beberapa desa di Kecamatan Parang, bantuan air bersih juga dilakukan ke sejumlah desa di Kecamatan Karas. ‘’Dropping air bersih setiap hari dilakukan mulai pagi sampai menjelang magrib,’’ terangnya. (fat/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here