AdvertorialPolitikPonorogo

DPRD Ponorogo Kebut Rancangan Tatib 2019-2014

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Wakil rakyat bekerja cepat dalam membahas rancangan tata tertib (tatib) baru untuk 2019-2024. Panitia kerja (panja) yang dibentuk untuk mengurai urusan tersebut optimistis pekan ini rancangan bisa klir dan lekas diparipurnakan. Secara umum, tidak ada banyak perubahan untuk alat kelengkapan (alkap) DPRD. ‘’Hari ini (kemarin, Red) sudah sampai pada pembahasan alkap. Kami optimistis bisa segera selesai,’’ kata Ketua Panja DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno Senin (9/9).

Pembahasan tatib sudah dimulai sejak Jumat lalu (6/9). Dua kali ini panja menggelar rapat tertutup guna membahas rancangan tatib tersebut. Dwi berpegang pada PP 12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD sebagai acuan perumusan rancangan tatib yang baru. Sejauh ini, lanjut Dwi, delapan fraksi melalui ketua masing-masing proaktif memberi berbagai masukan. ‘’Tidak masalah sepanjang tidak bertentangan dengan PP 12/2018 yang menjadi acuan,’’ ujarnya.

Memasuki urusan alkap, Dwi menyebut sejumlah hal perlu segera dibahas panja. Antara lain, penyesuaian terkait bidang yang ditangani empat komisi. Serta, organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi mitra dari komisi yang dibentuk. Perubahan nomenklatur di pemkab juga harus diakomodasi. Sementara, penentuan alkap seperti badan kehormatan (BK) telah disepakati panja. ‘’Semisal, ada OPD baru yang harus dibidangi komisi, tapi tidak ada dalam PP 12/2018. Ini yang masih kami bahas,’’ tutur politikus PKB itu.

Dwi optimistis pekerjaan-pekerjaan awal DPRD dapat tuntas dalam hitungan minggu ke depan. Terkait tatib, Dwi percaya diri rancangan tatib dapat selesai dalam dua kali rapat ke depan. Urusan lain seperti penetapan pimpinan definitif juga diharap bisa segera ditunaikan. Dia berharap tatib baru yang kini tengah dirumuskan itu akan dapat menjadi pedoman bagi segenap wakil rakyat untuk bisa berkarya lebih baik dari sebelumnya. ‘’Harapannya dalam waktu dua hari ini rancangan tatib selesai dan segera diparipurnakan,’’ ucap Dwi. (naz/c1/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close