AdvertorialPonorogo

DPRD-Pemkab Sepakat Rampingkan SOTK

Lebur Enam Dinas Menjadi Tiga

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Legislatif dan eksekutif satu suara merevisi struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) di tubuh Pemkab Ponorogo. Senin (4/11), DPRD menggelar rapat paripurna dengan agenda pengambilan persetujuan bersama atas revisi raperda SOTK. Disepakatinya agenda tersebut membuat pengambilan keputusan atas Rancangan APBD menjadi lebih mundur lantaran perlu ada penyesuaian terhadap rencana anggaran tahun depan. ’’Ini demi efisiensi dan efektifitas kinerja pemerintah daerah,’’ tutur Bupati Ipong Muchlissoni.

Ada tiga dinas baru yang rencananya akan dilebur ke tiga dinas lainnya. Antara lain dinas pemuda dan olahraga (dispora) yang akan dilebur ke dinas pariwisata (dispar), serta dinas perumahan dan kawasan permukiman (disperkim) yang akan dilebur ke dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR). Selain itu, dinas ketahanan pangan (DKP) yang akan dilebur dengan dinas pertanian (disperta).

Dispora, disperkim, dan DKP adalah dinas yang lahir saat perubahan SOTK sekitar tiga tahun lalu. Beberapa bulan terakhir, pemkab sudah melakukan evaluasi kinerja tiga organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut. Hasilnya, memang perlu dilebur dengan OPD lain yang bidangnya serumpun. Pemkab, kata Ipong, mendapat berbagai masukan termasuk dari hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). ’’Dispora misalnya, dari evaluasi kemenpan RB lewat SAKIP, dispora diniai boros dan kurang efektif,’’ kata dia.

Pun, demi alasan efisiensi, pemkab menilai bidang pemuda dan olahraga laik masuk di bawah naungan dispora. Sebagaimana sebelum direvisi tiga tahun lalu. Terakhir saat masih dipimpin Sapto Djatmiko, dispora turut membawahi bidang kebudayaan, pemuda dan olahraga (dulu bernama disbudparpora). Hal yang sama juga berlaku untuk DKP dan disperkim yang masih serumpun dengan disperta dan DPUPR. ‘’Nantinya, revisi SOTK ini juga akan diikuti dengan mutasi,’’ jelas Ipong.

Di lain pihak, Ketua DPRD Sunarto mengungkapkan, revisi SOTK akan menjadi prioritas DPRD untuk diselesaikan secepatnya. Rencananya hari ini, masing-masing fraksi di DPRD akan menyampaikan pandangan umumnya terhadap revisi tersebut. Jika bisa segera klir, Rancangan APBD pun bisa segera disahkan bersama dengan eksekutif. ‘’Seluruh fraksi akan menyampaikan pendapatnya sebagai masukan terhadap kebijakan perubahan SOTK ini, sebelum revisinya nanti siap disahkan sebagai perda,’’ pungkasnya. (naz/adv/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close