AdvertorialNgawi

DPRD Ngawi Tanamkan Semangat Jiwa Pancasila Generasi Muda

Peringati Hari Lahir Ideologi Bangsa

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi bangsa Indonesia itu kepada masyarakat. Bersamaan dengan seminar yang digelar dalam rangka Hari Lahir Pancasila di Paseban Ngawi Senin (29/6), DPRD Ngawi pun menanamkan motivasi dan semangat jiwa Pancasila kepada masyarakat. Khususnya generasi muda. ”Kami berharap, bagaimana motivasi semangat jiwa Pancasila itu tetap tertanam kepada seluruh masyarakat,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko usai mengisi seminar.

Lantaran penekanan acara seminar yang digelar pemkab itu generasi muda, tidak heran jika peserta yang dilibatkan adalah siswa SMK/SMK serta para guru PKn. Kepada mereka, Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- meminta konsensus dasar yang telah disepakati bersama, yakni empat pilar yang terdiri dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD, dan NKRI, harus dipahami bersama sebagai sesuatu keputusan yang sudah final.

Selain dipahami, nilai-nilai yang terkandung pun bisa diimplementasikan oleh semua masyarakat.  Terutama pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tentu saja, jiwa, perilaku, maupun tindakan warga harus didorong untuk tetap menjaga solidaritas, persatuan, dan kesatuan. ‘’Semangat gotong royong ini perlu dipupuk terus, agar kita semua bisa bersama-sama menangani penyebaran virus Covid-19,’’ tuturnya.

Sebenarnya, lanjut Antok, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) juga memiliki agenda untuk melaksanakan kegiatan serupa. Namun, karena kondisi pandemi, akhirnya dibatalkan semua. Hanya, karena dianggap sangat penting untuk digelar, akhirnya pemkab melaksanakan seminar itu dengan konsep virtual menggunakan aplikasi Zoom kemarin (29/6). ‘’Memang sengaja dilaksanakan karena kami punya kepentingan besar terhadap generasi muda di Ngawi,’’ ujarnya. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close