DPRD Baru Produk Terbaik Pilihan Rakyat Ngawi

71
NGAWI RAMAH: Bupati Budi ”Kanang” Sulistyono bersama istri dan anggota forkopimda foto bareng anggota DPRD Ngawi periode 2019-2024.

Bupati Minta Anggota DPRD Baru Rajin Turun ke Lapangan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pengambilan sumpah janji 45 anggota DPRD Ngawi terpilih hasil Pemilu 2019 di Pendapa Wedya Graha pada Sabtu lalu (24/8) berjalan lancar.

Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono mengaku bersyukur atas selesainya proses pengucapan sumpah janji para anggota dewan baru yang bakal mengisi kursi legislatif periode 2019-2024 nanti. ‘’Ini (45 anggota DPRD baru, Red) merupakan produk Pemilu 2019 yang terbaik sesuai pilihan rakyat,’’ kata Kanang.

Kepada para anggota dewan baru tersebut, Kanang menyampaikan beberapa pesan. Di antaranya, menyerap sekaligus memperjuangkan aspirasi yang berkembang di masyarakat. Caranya dengan sering turun ke lapangan untuk menemui konstituen mereka. ‘’Kami sebagai eksekutif siap memfasilitasi supaya penyerapan aspirasi rakyat itu bisa maksimal,’’ janjinya.

Di antara 45 anggota DPRD itu, 17 di antaranya merupakan pendatang baru. Namun, menurut Kanang, hal tersebut bukan kendala bagi mereka untuk melaksanakan tugas pokok serta fungsinya sebagai anggota dewan. ‘’Kami harap bisa segera menyesuaikan dengan lingkungan barunya di DPRD,’’ tuturnya.

Meski baru dilantik, tugas berat sudah menanti para legislator baru tersebut. Paling dekat dan menjadi prioritas adalah terkait pembahasan rancangan APBD Ngawi 2020. ‘’Bisa segera beradaptasi dengan fraksi masing-masing sehingga target pembahasan RAPBD nanti dapat selesai tepat waktu dan sasaran,’’ harapnya.

Hal lain yang cukup penting, menurut Kanang, adalah mengenai kedudukan anggota dewan sebagai penyelenggara negara. Bupati Ngawi dua periode itu mewanti-wanti agar mereka melaksanakan tugasnya dengan baik. Tidak melakukan hal-hal yang melanggar ketentuan maupun sumpah dan janji yang telah diucapkan. Apalagi, sebagai penyelenggara negara mereka akan diawasi aparat penegak hukum termasuk KPK. ‘’Hati-hati dalam bekerja dan jangan macam-macam, itu pesan saya,’’ ucapnya. (tif/c1/isd/adv)

================================

Tancap Gas Bentuk Fraksi dan Susun Tatib

WAKIL rakyat yang baru saja diambil sumpah dan janjinya siap tancap gas. Mulai hari ini sejumlah tugas sudah menanti. Terdekat adalah melakukan koordinasi dengan partai-partai terkait untuk pembentukan fraksi di dewan. ‘’Kami upayakan secepatnya bisa selesai (pembentukan fraksi, Red),’’ kata pimpinan sementara DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko.

Sebagai pimpinan sementara, Antok –sapaan Dwi Rianto Jatmiko- menyebut ada beberapa tugas yang perlu segera diselesaikan. Selain pembentukan fraksi, pihaknya juga harus segera menyelesaikan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk penyusunan tata tertib (tatib) DPRD.

Selain itu, melakukan koordinasi dengan fraksi DPRD untuk menyusun alat kelengkapan (alkap) maupun pimpinan DPRD. ‘’Target kami awal atau paling lambat pertengahan Oktober sudah selesai,’’ ujarnya.

Antok mengakui bahwa saat ini pihaknya tidak memiliki banyak waktu setelah pelantikan lalu. Sebab, tanggung jawab DPRD untuk menyelesaikan pembahasan rancangan APBD Ngawi 2020 sudah menanti di depan mata. ‘’Pembentukan fraksi maupun penyusunan alkap DPRD kami upayakan selesai tepat waktu agar tidak mengganggu proses dan tahapan pembahasan RAPBD,’’ tuturnya.

Menurut dia, pembahasan RAPBD harus menjadi prioritas. Pihaknya tidak ingin proses tersebut molor sehingga berakibat merugikan masyarakat Ngawi. Apalagi, sepertiga lebih komposisi anggota DPRD anyar merupakan wajah-wajah baru. Meski begitu, Antok optimistis mereka bisa segera menyesuaikan. ‘’Walaupun baru, tapi secara kapasitas mereka sangat mumpuni dan saya yakin bisa langsung bersinergi,’’ paparnya.

Di sisi lain, Antok menyampaikan apresiasi tinggi kepada para anggota DPRD periode 2014-2019 yang tidak terpilih lagi. Menurutnya, meski sekarang sudah tidak bersama-sama lagi, silaturahmi harus tetap terjaga dengan baik. Sebab, peran, aspirasi, masukan, serta partisipasi mereka sebagai mantan anggota dewan tetap dibutuhkan untuk kepentingan Ngawi ke depan yang lebih baik. ‘’Selama lima tahun ini komunikasi kami sangat nyaman, dan kami berharap setelah ini masih tetap terjaga dengan baik,’’ ucapnya. (tif/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here