AdvertorialMagetan

DPPKBPP dan PA Magetan Peringati Harganas Ke-27

Dikemas Sederhana tanpa Kurangi Makna

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020 kali ini tampak berbeda. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA) Magetan mengemasnya secara sederhana. Hanya ada upacara, pemotongan tumpeng, dan penyerahan piala kepada peserta lomba. ‘’Karena diperingati di tengah pandemi Covid-19. Tapi tidak mengurangi makna peringatan Harganas,’’ kata Plh DPPKBPP dan PA Magetan drh Kustini.

Harganas tahun ini mengambil tema Dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir dalam Keluargamu. Berbagai acara telah dilaksanakan DPPKBPP dan PA Magetan dalam memperingati harganas tersebut. Seperti pelayanan KB sejumlah 431 akseptor hingga mengadakan perlombaan. Perlombaan yang digelar meliputi lomba PIK R Unggulan yang dimenangkan Edelweis dari Tambakrejo, lomba BKR Unggulan yang dimenangkan Bahana Muda dari Tapen, lomba Duta Genre Putra oleh Dika Priautama, Duta Genre Putri oleh Azizah Rahma Shinta, dan lomba video promosi BKB berbasis IT. ‘’Yang penting bukan peringatannya, tapi implementasinya,’’ ungkap Kustini.

Terkait peringatan Harganas, Kustini meyebut bahwa keluarga memiliki peran penting dalam pembangunan revolusi mental. Keluarga menjadi bagian yang pertama dan utama dalam penyemaian bangsa. Keluarga harus menanamkan nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong sejak dini. Bahkan, keluarga juga harus memiliki perencanaan pernikahan, kehamilan, pengasuhan anak, remaja, sampai lansia. ‘’Kalau keluarga itu terencana, bisa menjadi keluarga yang sejahtera dan berkualitas,’’ jelasnya.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto mengatakan bahwa keluarga seperti surga jika dipelihara dengan kesetiaan, penuh cinta, dan kasih sayang. Keluarga yang kokoh dan tangguh, disebutnya bisa menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Di dalam keluargalah tempat belajar sebuah pengorbanan. Keluarga pula tempat kembali dari sejauh apa pun seseorang pergi. ‘’Buatlah keluarga kita bagaikan embun yang menyejukkan dan api unggun yang menghangatkan. Harta paling berharga adalah keluarga,’’ pungkasnya. (bel/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close