DP3AKB: Capai Pembangunan yang Berkeadilan

23

NGAWI – Upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Ngawi memajukan daerah melalui sejumlah program diapresiasi pemerintah pusat. Pada pengujung 2018 lalu, misalnya, Ngawi berhasil menyabet anugerah Parahita Ekapraya kategori utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA).

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Budi Sulistyono dari Menteri PPPA Yohana Susana Yambise di Jakarta. Pemkab Ngawi dinilai memiliki komitmen tinggi melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender. ’’Ini menunjukkan Ngawi berhasil mencapai pembangunan yang berkeadilan,’’ ujar Plt Kepala DP3AKB Ngawi Indah Kusumawardhani kemarin (22/4).

Penghargaan itu, kata Indah, juga membuktikan bahwa pencapaian semua program setiap OPD Ngawi sudah berkeadilan. Baik kaum pria, perempuan, laki-laki, anak, maupun kalangan difabel yang menjadi objek sekaligus subjek program menjalankan peran dan fungsi sesuai kapasitasnya. ‘’Ini bukti kesetaraan gender berlaku di Ngawi, tetapi perempuan tidak lantas melupakan kodratnya,’’ tambahnya.

DP3AKB Ngawi juga berkomitmen melakukan pendampingan dan mediasi terkait kasus kekerasan yang menimpa perempuan dan anak.  Baik pendampingan psikis maupun hukum. ‘’Untuk pendampingan hukum, kami menggandeng teman-teman advokat,’’ jelas perempuan yang akrab disapa Danik ini.

Pihaknya juga getol mendorong semua OPD melakukan analisa responsif gender terkait program kerja. Itu untuk memastikan bahwa program kerja yang dilakukan oleh OPD sudah berkeadilan. ‘’Teknisnya oleh bappeda, dan kami yang mengajukan itu,’’ katanya.

Bupati Budi ‘Kanang’ Sulistyono turut bangga atas kinerja dan prestasi DP3AKB. Menurutnya, itu menunjukkan bahwa kaum perempuan Ngawi dapat menorehkan prestasi hingga tingkat nasional. Pun, dia berharap hal itu memicu OPD lainnya untuk berprestasi. ‘’Dalam penerimaan ASN yang baru saja dilakukan, banyak kaum perempuan yang lolos seleksi. Itu menunjukkan prestasi akademik perempuan Ngawi cukup mumpuni,’’ ungkapnya.

Kanang juga menilai koordinasi yang terjalin antara DP3AKB dan TP PKK setempat sudah cukup baik. Dalam eksekusi sejumlah program yang diwakili pokja di setiap TP PKK di tingkat desa dirasa sudah efektif. ‘’Semoga ke depan DP3AKB Ngawi kembali mengukir prestasi tingkat nasional dan tetap serius dalam upaya nyata membangun masyarakat,’’ tandasnya. (rio/isd/adv/bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here