AdvertorialPonorogo

Dorong Perbaikan Kerja Pemerintah

Oleh: Miseri Effendi, SH. MH

(Wakil Ketua DPRD Ponorogo)

AKUNTABILITAS di suatu pemerintahan dapat diukur melalui SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah). Seberapa bagus kinerja pemerintah daerah, ya dari SAKIP itu dapat diketahui. Karena itu, kami sangat mendorong perbaikan predikat SAKIP dari tahun ke tahun.

Ada sedikitnya tiga output positif yang didapat dari penerapan SAKIP secara baik. Karena, SAKIP lebih dari sekadar predikat yang disematkan pemerintah pusat kepada daerah. Pertama, penilaian SAKIP mengukur dengan riil akuntabilitas pemkab selama setahun. Sebab, banyak ketentuan yang harus dipenuhi pemkab, berikut apa saja upaya reformasi birokrasi yang dilakukan.

Berbagai hal itu pun mempengaruhi secara langsung bagaimana kualitas output kedua, yakni kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Tentu saja, pelayanan publik itu tugas pemerintah yang sangat penting.

Di samping itu, SAKIP dapat mengukur sejauh mana produktivitas pemkab. Tidak hanya secara global, melainkan spesifik di tiap organisasi perangkat daerah (OPD) dan bahkan para aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja.

Kinerja program dan kegiatan apa saja dapat dilihat bagaimana tingkat keberhasilan atau kegagalannya. Jadi sekda dapat mengukur, di suatu OPD program dan kegiatan apa saja yang berhasil dan yang gagal, berikut seberapa efektif ASN di OPD itu dalam bekerja.

Menurut kami, berbagai hal itu secara langsung dapat mendorong peningkatan kinerja pemkab. Para ASN, tentu dituntut untuk bekerja secara produktif dan kreatif. Serta, bertanggungjawab terhadap tugas-tugas yang dibebankan kepada mereka. Tidak hanya itu, SAKIP juga dinilai mampu mendorong penyempurnaan manajemen ASN di tubuh organisasi pemkab.

Dengan begitu, sumber daya yang ada dapat dimaksimalkan secara efektif dan efisien. Karena ASN tidak bisa kalau hanya diam dan menunggu tugas, lalu bekerja secara tidak maksimal. ASN akan dituntut berkinerja secara baik, dengan produktif dan kreatif.

Itulah mengapa, kami sangat mendorong dan mendukung pemkab untuk memperoleh predikat SAKIP yang lebih baik. Karena itu menjadi tolok ukur kinerja pemkab. (naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close