Ditinggal Nyoblos, Rumah Terbakar

62

MADIUN – Mata Endang Sulistyowati terbelalak mengetahui kepulan asap hitam keluar dari rumahnya, di Perumahan Griya Intan Surya Jalan Pilang Mulya, Pilang Bango Rabu kemarin (17/4). Sofyan Heri Cahyono suaminya yang panik lantas bergegas masuk. Sesaat kemudian meminta Endang menghubungi pemadam kebakaran. ’’Saya keluar rumah dari jam 12.00 sampai rumah 16.00. Jadi, tetangga belum sempat menghubungi damkar, saya sudah datang duluan,’’ kata Endang ditemui Radar Madiun.

Dia menduga, sumber api berasal dari kamar anaknya yang berada di sudut rumah. Dia memastikan, tidak ada yang menyala ketika rumah ditinggal pergi. Namun ada dugaan  stop kontak televisi yang ada di dalam kamar anaknya bermasalah. ’’Mungkin karena korsleting. Biasanya memang stop kontak TV terpasang. Saya pikir keluarnya hanya sebentar,’’ bebernya.

Wisnu Dewanto, tetangga rumah Endang adalah orang yang kali pertama mengetahui kepulan asap menghitam. Sore itu dia sedang duduk santai di jalanan depan rumahnya. Kawasan pemukiman di perumahan sore itu sedang sepi.Tak lama berselang, Wisnu mencium bau hangus dan melihat asap hitam dari rumah Endang. ’’Ada saya dan tetangga sebelahnya langsung melompat pagar masuk ke dalam karena orangnya saya dengar sedang keluar nyoblos sama ke Sukosari,’’ jelasnya.

Beruntung si pemilik rumah langsung datang. Dibantu warga memadamkan api dengan peralatan seadanya. ’’Pakai selang air punyanya tetangga depan rumah, api dari kasurnya itu yang susah dipadamkan,’’ ungkapnya.

Sementara, Kasi Damkar Satpol PP Kota Madiun Anang Dwi Sulistyono datang dengan tiga unit mobil damkar. Tidak sampai satu jam, api berhasil dipadamkan. ’’Inilah pentingnya untuk selalu mengecek kondisi arus listrik di rumah sebelum ditinggal pergi. Pastikan stop kontak dicabut,’’ ujarnya. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here