Distribusikan Logistik Pemilu, KPU Berpacu dengan Waktu

17

NGAWI – Hanya tersisa dua hari waktu bagi KPU untuk memastikan semua logistik pemilu terdistribusi ke masing-masing kecamatan. Sesuai aturan, paling lambat 14 April semua logistik, baik dalam maupun luar kotak suara, harus sudah sampai ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK). ‘’Waktunya memang sudah mepet, tapi kami yakin masih bisa terkejar,’’ kata Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni kemarin (11/4).

Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- mengungkapkan, hingga kemarin sudah hampir separo logistik dalam kotak suara yang sudah tiba di kecamatan. Tinggal logistik untuk pemilihan anggota DPRD provinsi dan kabupaten yang belum terkirim. ‘’Besok (hari ini, Red) untuk DPRD provinsi mudah-mudahan sudah selesai,’’ harapnya.

Meski berkejaran dengan waktu, Toni optimistis distribusi semua logistik tidak molor. Apalagi, informasi yang diperolehnya, kekurangan surat suara sudah bisa diambil di percetakan. ‘’Secepatnya akan kami ambil (surat suara, Red),’’ tegasnya.

Toni menambahkan, belum lama ini KPU RI mengeluarkan surat edaran nomor: 488/pp.10.2-SD/07/KPU/III/2019 tentang kriteria surat suara. Intinya, memberi toleransi untuk surat suara yang kerusakannya tidak parah bisa digunakan. ‘’Asalkan tidak sobek atau terdapat lubang sekecil apapun. Sudah kami sortir ulang, sebagian masih bisa digunakan,’’ ungkapnya.

Dia menyebut, hasil penyortiran ulang itu, kerusakan surat suara untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten dapil Ngawi I tereduksi hingga puluhan ribu lembar. Awalnya diketahui surat suara yang rusak mencapai 26.301. Setelah disortir ulang, tersisa 59 lembar dan selebihnya masih dapat dipakai. ‘’Semua sudah kami laporkan ke KPU pusat, nanti penggantinya ya sejumlah yang rusak dan kekurangannya,’’ jelas Toni.

Toni menambahkan, untuk pemilih tambahan yang sudah terdata kelak juga akan disiapkan logistiknya. Pihaknya bakal meminta surat suara sejumlah pemilih tambahan yang terdaftar dalam daftar pemilih hasil perbaikan ketiga (DPTHP-3). Diketahui jumlahnya mencapai 3.988 jiwa.

Jika kebutuhan surat suaranya dihitung untuk semua jenis plus cadangan 2 persen, total kebutuhan surat suara untuk pemilih tambahan sebanyak 20.338 lembar. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here