Madiun

Disperkim Tebang 25 Pohon di Sepanjang Jalan Pahlawan

Kayu Ayoman Bakal Digunakan Mebeler Taman Bantaran

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pembersihan pohon ayoman tepi jalan di sisi timur sepanjang Jalan Pahlawan, mulai perempatan Tugu Pecel hingga Mapolres Madiun Kota, ditargetkan pekan ini klir. Sehingga penataan jalur pedestrian jilid III bisa dimulai pekan depan.

Kabid Pertamanan, Pemakaman, dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Jumakir mengungkapkan, penebangan pohon telah dilakukan dua hari terakhir. Itu sebagai tahap awal sebelum pekerjaan fisik jalur pedestrian dimulai. ‘’Mulai perempatan Tugu Pecel hingga Mapolres Madiun Kota,’’ kata Jumakir.

Pekan ini, ditargetkan selesai menebang 25 pohon di jalur tersebut. Pohon berumur 20-an tahun dengan diameter 40-70 meter itu bakal dimanfaatkan untuk pembuatan kursi dan tangga di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Disperkim menerjunkan 13 personel lengkap dengan peralatan pendukung. ‘’Tetap memperhatikan keselamatan pengguna jalan,’’ ujarnya.

Penebangan tidak dapat dilakukan sembarangan. Sepanjang titik itu merupakan jalur menuju jantung perekonomian kota. Sehingga harus mempertimbangkan risiko yang dapat membahayakan pengguna jalan serta bangunan yang ada di sekelilingnya. ‘’Tetap kami pasang rambu peringatan,’’ ungkap mantan lurah Nambangan Lor itu.

Pohon yang ditebang nantinya diganti dengan pohon baru. Sebagaimana Perda 18/2018 tentang Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau. Sebagai pengganti, pihaknya menyiapkan pohon bukur dan tabebuya serta penerangan jalan umum (PJU) artistik. Sebagaimana konsep yang telah diterapkan di jalur pedestrian jilid sebelumnya. ‘’Pohon diganti yang baru,’’ tegasnya.

Jalur pedestrian jilid III sepanjang 600 meter itu ditargetkan rampung Desember tahun ini. Output yang hendak dicapai untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Serta jalur terintegrasi yang menghubungkan fasilitas publik khusus bagi pejalan kaki. ‘’Titik pohon pengganti dan PJU menyesuaikan dengan perencanaan DPUTR,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close