Disperkim Janjikan Renovasi Rumah Sadikun Tiga Bulan Lagi

79

MAGETAN – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Magetan menjanjikan rumah Sadikun direnovasi tahun ini. Mengandalkan sumbangsih dana dari corporate social responsibility (CSR) Bank Jatim. ‘’Renovasi pasti terealisasi tahun ini,’’ kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperkim Magetan Rudy Subagyo.

Melihat kondisi rumah di utara kantor desa yang nyaris roboh, renovasi akan lebih baik jika disegerakan. Tetapi, pemkab paling cepat baru bisa mewujudkan janjinya itu April mendatang. ‘’Proses pengajuannya sudah berjalan, tinggal tanggal pelaksanaannya,’’ ujarnya.

Mengapa dana CSR Bank Jatim yang digunakan untuk membangun rumah Sadikun? Bukankah setiap tahun pemkab mendapatkan jatah bantuan stimultan perumahan swadaya (BSPS) Pemprov Jatim? Juga, dana alokasi khusus (DAK) yang dapat digunakan untuk merenovasi rumah tidak layak huni (RTLH) dari pememerintah pusat. ‘’Namanya belum diajukan oleh pemerintah desa,’’ terangnya.

Lantaran itulah, Rudy tidak mengetahui keberadaan Sadikun yang merana tinggal di gubuk reyot. Padahal, dia sudah meminta masing–masing pemdes untuk mengajukan pembangunan RTLH di setiap desa. Sebab, kadeslah yang mengetahui kondisi pasti rumah warganya. Memang, tidak semua pengajuan itu bisa terealisasi. Paling tidak, nama Sadikun sudah masuk dalam database penerima bantuan renovasi RTLH. ‘’Pengajuan tahun ini, paling cepat dibangun tahun depan,’’ tuturnya.

Daripada berlama-lama, Rudy pilih mengandalkan bantuan CSR. Prosesnya tidak serumit jika menggunakan program BSPS maupun DAK. Sadikun pun lekas menempati bangunan rumah yang lebih aman dan nyaman. ‘’Kami tempuh cara tercepat,’’ katanya.

Pengajuan kepada Bank Jatim pun, sejatinya bukan mulus tanpa halangan. Pihak bank sempat menolak usulan dadakan tersebut. Karena sudah ada lima rumah yang diajukan untuk dibangun tahun ini. ‘’Sudah kami komunikasikan dengan Bank Jatim, tahun ini pasti terealisasi,’’ janjinya. (bel/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here