Madiun

Dispendukcapil Kota Madiun Jemput Bola Rekam KIA di SMP

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Perekaman kartu identitas anak (KIA) terus berjalan. Senin (18/11) petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun mendatangi SMPN 1 Madiun di Jalan Kartini. Ratusan siswa yang berusia 13–15 tahun melakukan perekaman.

Lebih dari 240 siswa mengantre di depan layanan mobil keliling dispendukcapil  yang parkir di halaman sekolah. Mereka menunggu giliran untuk perekaman KIA. Sebagian besar siswa tersebut berasal dari kelas VIII. Namun, ada juga yang dari kelas IX.

Pendataan KIA oleh dispendukcapil memang bersifat jemput bola. Hal itu sengaja dilakukan untuk meningkatkan serapan perekaman KIA. Menurut Kepala Dispendukcapil Nono Djatikusumo, sistem jemput bola akan membantu siswa dalam memperoleh KTP anak. Mereka tidak perlu lagi datang ke kantor dispendukcapil untuk perekaman. ‘’Kami yang mendatangi mereka ke sekolah-sekolah,’’ katanya.

Secara bertahap perekaman KIA di sekolah dilakukan sampai akhir November. Namun, bisa juga diperpanjang sampai Desember. Sehingga, ditargetkan pada akhir 2019 progres perekaman KIA bisa mencapai 80 persen. Saat ini, sebut Nono, realisasi perekaman KIA yang sudah tercetak sebanyak 37.064 lembar. Sementara, targetnya 48.762 lembar. ‘’Sekarang progresnya sudah 76 persen,’’ ujarnya.

Yang jelas, kata dia, perekaman KIA terus dijalankan secara berkelanjutan. Tidak bisa tahun depan klir semua. Karena perpindahan penduduk dari luar daerah ke Kota Madiun sangat dinamis. Belum lagi hampir setiap tahun ada penambahan jumlah penduduk dengan kelahiran baru. ‘’Kami menggandeng dinas pendidikan agar siswa bisa memiliki KIA,’’ terangnya.

Nono menjelaskan bahwa KTP anak diperlukan sebagai upaya untuk merapikan identitas kependudukan nasional. Itu terkait dengan pemenuhan hak konstitusi warga negara. Dengan adanya KIA, anak-anak diharapkan menjadi lebih mandiri dalam mengakses layanan publik. ‘’Anak usia SMP sudah bisa ke bank sendiri, tidak lagi pakai kartu keluarga,’’ katanya. (her/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close