Dispendukcapil Cek NIK Ratusan Napi

143

MADIUN – Narapidana Lapas Klas I Madiun asal luar daerah berkesempatan menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 2019. Kesempatan itu mereka peroleh dari fasilitasi pengecekan nomor induk kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun kemarin (17/2). ’’Ada sekitar 1.138 narapidana yang belum dicek NIK-nya,’’ kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun Supriyono.

Dia mengungkapkan pengecekan NIK itu merupakan bagian dari syarat ketentuan menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019. Sekaligus bentuk peran dispendukcapil dalam membantu menyukseskan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. ’’Hak pilih warga binaan nanti bisa diakomodasi oleh KPU dengan cara pengecekaan NIK,’’ ujarnya.

previous arrow
next arrow
Slider

Supriyono menjelaskan, data yang diperoleh dari lapas dalam bentuk soft copy dilakukan pengecekan berdasarkan pencarian mulai dari nama, tanggal lahir, hingga nama anggota keluarga para penghuni lapas. Setelah itu data mereka dicocokkan dalam database nasional melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). ’’Dalam pengecekan ada berbagai temuan, ada yanag sudah ber-NIK atau sudah di tempat lain dan ada yang belum,’’ tuturnya.

Bagi warga binaan yang belum ber-NIK, mereka bakal dilakukan pendataan ulang. Di mana para napi diminta menulis nama, tanggal lahir, dan alamat di selembar kertas. Kemudian, data tersebut dibawa ke meja pendaftaran. ’’Setelah itu dilakukan perekaman mulai sidik jari hingga iris mata,’’ terang Supriyono.

Perekaman data di Lapas Klas I Madiun telah dilakukan oleh dispendukcapil sampai tiga kali. Hingga sore, ada sekitar 800 orang narapidana yang NIK-nya terekam dalam database nasional. Meski begitu, tidak semua NIK napi berhasil ditemukan.

Sementara, Komisioner KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana mengatakan proses hasil pengecekan NIK oleh dispendukcapil selanjutnya bakal menjadi bahan acuan pihaknya untuk menentukan penambahan TPS di Lapas Klas I Madiun. Dia berharap pengecekan serupa bisa dilakukan di Lapas Pemuda. (her/c1/ota/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here