Dispencapil Prediksi Blangko E-KTP Aman hingga Pemilu

104

NGAWI – Ketersediaan blangko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Ngawi saat ini sedang berlebih. Itu setelah mendapat jatah berlipat-lipat dari jumlah yang diajukan untuk kebutuhan cetak Januari lalu.

Kala itu, data yang siap cetak sekitar 3.750 keping. Namun, dispencapil mendapat kiriman blangko e-KTP sebanyak 27.500. Perinciannya, tahap pertama 4 ribu dan kedua 23.500. ‘’Sekarang masih sisa 21.313 keping,’’ kata Kepala Dispencapil Ngawi Sugeng kemarin (14/2).

Kiriman tersebut, lanjut dia, jauh dari jatah yang diperoleh pada Desember 2018 lalu. Saat itu pihaknya hanya mendapatkan 500 blangko e-KTP. Padahal, jumlah yang diajukan mencapai 4 ribu. ‘’Setelah kami kroscek, ternyata waktu itu memang stok di pusat habis, baru ada lagi Januari lalu,’’ terangnya.

Sugeng mengatakan, jatah blangko berlebih itu justru menguntungkan pihaknya. Sebab, proses Pemilu 2019 semakin dekat sehingga kebutuhan pencetakan e-KTP diprediksi meningkat signifikan. ‘’Estimasi kami sampai April nanti atau pas pemilu masih mencukupi,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, dalam sehari pihaknya mencetak e-KTP rata-rata sebanyak 300-400 keping. ‘’Kami malah senang karena stok blangko untuk menghadapi pemilu masih aman, tidak perlu khawatir,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here