Disparbud Magetan Bikin Masterplan Pengembangan Sarangan

154
WISATA AIR: Objek Wisata Telaga Sarangan bakal masuk rencana pengembangan yang dijalankan oleh Pemkab Magetan seiring dibuatnya dokumen masterplan pada PAK 2019.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pengembangan objek wisata Telaga Sarangan mulai direncanakan oleh Disparbud Magetan. Bahkan, pembuatan masterplan program itu telah disiapkan dananya melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) 2019. Alokasinya sekitar Rp 250 juta. ‘’Masterplan ini diperlukan agar pengembangan Telaga Sarangan jelas ke depannya. Istilahnya, biar ada rambu-rambunya,’’ kata Kabid Pengembangan Pariwisata Disparbud Magetan Hadi Sumarno Minggu  (25/8).

Kendati demikian, pihaknya mengaku belum bisa memastikan seperti apa konsep pengembangan Telaga Sarangan ke depan. Yang jelas, terdapat penambahan fasilitas yang dapat menarik minat wisatawan. Saat ini dokumen lelang pembuatan masterplan itu tinggal di-upload. ‘’Yang tahu akan dikembangkan seperti apa, itu ahlinya nanti. Kami tinggal menjalankan,’’ ujarnya.

Namun, pihaknya mengusulkan agar penataan pedagang kaki lima (PKL) di pinggir telaga itu ikut dimasukkan dalam penyusunan masterplan. ‘’Nah, penataannya seperti apa, itu akan tertuang dalam masterplan,’’ terangnya.

Dalam eksekusinya nanti, kata Hadi, bakal melibatkan banyak pihak. Antara lain, Perhutani. ‘’Kami akan kerja sama dengan pihak Perhutani. Karena sebagian kan asetnya mereka,’’ tuturnya.

Masterplan itu nantinya bakal menjadi pedoman pengembangan Telaga Sarangan untuk beberapa tahun ke depan. Di situ terdapat beberapa program perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk melestarikan ekosistem Telaga Sarangan agar tetap menarik dikunjungi wisatawan. ‘’Sudah jelas tahun ini akan buat apa, tahun depan apa. Tinggal disesuaikan saja,’’ jelasnya.

Hadi mengakui, sebenarnya masterplan pengembangan Telaga Sarangan sudah pernah dibuat. Hanya, masterplan yang sudah ada itu dianggap tidak relevan dengan kondisi sekarang. Sehingga, perlu dilakukan penyesuaian dengan cara membuat masterplan baru. ‘’Tahun ini masterplannya jadi. Paling cepat tahun depan kami sudah bisa action untuk mengembangkan,’’ pungkasnya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here