Diskominfo Magetan Kekurangan Tenaga IT, Buka Rekrutmen Ulang

174

MAGETAN – Krisis pegawai tak hanya terjadi di bidang pendidikan dan kesehatan. Tapi juga terjadi di bidang information technology (IT). Setidaknya hal itu yang dialami Diskominfo Magetan saat ini.

Dari enam lowongan tenaga IT yang dibutuhkan, hanya tiga orang yang memenuhi kualifikasi. Bahkan, mereka sampai membuka rekrutmen kali kedua. ‘’Ini kedua kalinya kami buka. Karena tenaga yang kami miliki masih kurang,’’ kata Kepala Diskominfo Kabupaten Magetan Suwata kemarin (4/2).

Dia mengaku keberadaan tenaga IT sangat vital di tempatnya. Urusan IT daerah bakal di-handle oleh mereka. Seperti jaringan dan aplikasi administrasi di semua organisasi perangkat daerah (OPD). Juga, sistem perencanaan hingga pelaporan keuangan serta musrenbang. ‘’Personel kami yang PNS ada, tapi kurang. Jadi, harus dibantu tenaga kontrak itu,’’ terang Suwata.

Selain itu, tenaga ahli IT tersebut harus bisa melayani permintaan OPD. Misalnya, pembuatan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) via online. Sehingga memudahkan pelaporan keuangan pemerintah desa. ‘’Jadi, sekali klik bisa dilihat laporan keuangannya,’’ ujarnya.

Suwata menambahkan, sistem kerja tenaga IT kontrak itu dituntut 24 jam on call. Karena tenaga mereka dibutuhkan sewaktu-waktu ketika terdapat jaringan atau aplikasi di OPD error. Apalagi, diketahui beberapa OPD sering mengolah data pelaporan keuangan mereka di luar jam kerja. ‘’Jadi, pusat IT nanti akan berada di sini,’’ katanya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here